Model Dakwah Berbasis Masjid (Metode Dakwah di Desa Maradekayya Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa)

Ariuddin Tike

Sari


Penlitian ini bertujuan untukn memberi gambaran secara komprehensif tentang implmenetasi program dakwah posdaya berbasis masjid , Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat baik secara eksternal maupun internal program Dakwah posdaya berbasis nmasjid  dan merumuskan ektivitas program dakwah posdaya berbasis masjid di Desa Maradekaya Kec. Bajeng Kab. Gowa.

Jenis Penelitian adalah Kualitatif dengan pengumpulan data melalaui wawancara, observasi dan Dokumentasi, analisis penelitian menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Dakwah posdaya berbasis masjid dilaksanakan sejak tahun 2013 dengan memfungsi masjid sebagai tempat segala kegiatan, factor pendukung dakwah posdaya berbasis masjid adalah asanya lingkaran-lingkaran kecil yang bersinergi dalam mengelola masjid sebagai tempat segala kegiatan serta dukungan dari pemerintah, tokoh masyarakata, tokoh agama, dan tokoh pemuda termasuk majlis taklim.

Adapun tantangan yang dihadapi adalah masih kurangnya sosialisasi dan pemahaman para pengurus masjid terhadap Dakwah posdaya berbasis masjid, Untukemaksimalkan program Dakwah Posdaya berbasis masjid, maka dirumuskan berbagai kegaiatan yang mendukung program dakwah berbasis masjid seperti fungsi-fungsi keluarga, fungsi keagamaan, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan, yang di pusatkan pada masjid. Implementasi penelitian diharapkan menjadi model dakwah di tengah-tengah masyarakat, serta dijadikan rujukan bagi Fakultas dakwah dan Komunikasi dalam merencanakan dakwah

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Hasan Ali al-Mawardi, Al-Dakwah : Qawaid wa Ushul (Mesir: Dar al-Fikr, 1992)

Bayasut, Kenangan Masjid Al-Falah Bey Arifin; Fungsi Masjid dalam Masyarakat Islam (Surabaya: Yayasan Masjid l-Falah, 1987)

Departemen Agama RI, Al-Qqur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 2002)

Didin Hafidhuddin,Dakwah aktual (Cet.I: Jakarta: Gema Insani Press,1998)

Lembaga Pengabdian pada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Pedoman Pelaksanaan Pengabdian kePada Masyarakat Tematik Posdaya berbasis Masjid (Jakarta: PT.Citra Kharisma Bunda, 2011)

Lothrop Stoddard, The New World of Islam diterjemahkan oleh M.Muljadi Djojomartono dengan Judul Dunia Baru Islam (Cet.IV;Jakartalam, 2006)

Soeprijanto (ed) Pedoman Pendirian Rintisan PAUD Pos Pemberdayaan Keluarga: Posdaya (Jakarta: PT. Citra Kharisma Bunda, 2011)

Syed Mahmudun Nasir, Islam : Its Consepts and History diterjemahkan oleh Adang Adang Affandi dengan judu: l Islam: Konsepsi dan Sejarahnya (Cet.IV; Bandung: Ros akarya, 1994)