Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah terhadap Minat Dengar Radio

Muliaty Amin, Nurul Hikmah Kadir

Sari


Judul penelitian adalah pengaruh penggunaan bahasa daerah terhadap minat dengar radio Gamasi 105,9 FM, permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah sejauh mana minat dengar masyarakat terhadap Radio Gamasi dengan melihat penggunaan bahasa daerah pada program berbahasa daerah Laugi dan Baruga.

Berdasarkan hasil olah data dilapangan bahwa pengaruh penggunaan bahasa daerah terhadap minat dengar Radio Gamasi 105.9 FM. secara signifikan berpengaruh pada program berbahasa daerah laugi dan baruga.

Implikasi teoretis dari penelitian ini mampu memberikan pemahaman tentang penggunaan bahasa daerah dalam melakukan siaran radio, memberikan gambaran tentang menarik simpati pendengar, serta menjadi acuan dalam penentuan segmentasi dan materi siaran dalam sebuah program radio. Selain itu, implikasi praktis hasil penelitian ini sebagai bahan informasi bagi pembaca sebaga referensi penelitian yang berkaitan, sebagai ragam penelitian dalam ilmu dakwah dan komunikasi, sebagai referensi bagi yang ingin mendirikan stasiun radio, dan sebagai bentuk pelestarian ragam budaya yang dimiliki suatu daerah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Cet. 13; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006. Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahannya Al-Hikmah. Cet. 3; Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2013.

Djamal, Hidajanto dan Andi Fachruddin. Dasar-dasar Penyiaran. Cet. 2; Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.

Effendy, Onong Uchjana. Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana dan Praktek Penyiaran. Malang: Bayumedia Publishing, 2004.

Fauzia, Syifa. Pengaruh Penggunaan Bahasa Sunda Banten dan Gaya Komunikasi Penyiar Dalam Penyiaran Radio Krakatau (93,7 FM) Terhadap Minat Dengar. Serang: Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2016.

Gulo, W. Metodologi Penelitian. ([n.p.], 2000)

Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2012.

Kusnawan, Aep, dkk. Komunikasi dan Penyiaran Islam-Mengembangkan Tabligh Melalui Mimbar, Media Cetak, Radio, Televisi, Film, dan Media Digital. Bandung: Benang Merah Press, 2004.

Malo, Manasse, dan Sri Trisnoningtias. Metode Penelitian Masyarakat. [t.t], [t.th.].

Morissan. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Cet.

Ed. Rev.; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011

Nova, Firsan. Crisis Public Relations. ([n.p.], [n.d.])

Olii, Helena, dan Lala Hozillah. Reportase Radio & Televisi. Ed. 2; Jakarta: Permata Puri Media, 2013

Olii, Hellena. Berita & Informasi. Cet. 1; PT Macanan Jaya Cemerlang, 2007.

Pardamean, Rio. Pengaruh Program Acara Radio dan Minat Dengar (Studi Korelasional Pengaruh Acara O Tano Batak di Radio Teladan FM Terhadap Minat Dengar Ibu-ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sei Sikambing di Medan. Medan: Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, 2011

Prasetyo, Bambang, dan Lina Miftahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif. Ed. 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2005.

Prayudha, Harley. Radio Penyiar Ot’s Not Just a Talk. Malang: Bayumedia Publishing, 2006.

Ruhimat, Mamat, dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial. ([t.t.]; Grafindo Media Pratama,

([t.th.]).

Said, Irwanti. Fungsi Sosial Siaran Radio. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet. 20; Bandung: Alfabeta, 2014.

Sumadiria, Haris. Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Rekatama Media, 2006.

Tede, Mareta. Pengaruh Program Siaran Radio Pertanian Ciawi Bagi Pendengarnya (Kasus Pendengar di Desa Cileungi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Bogor: Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, 2012.

Umar, Husein. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003. [t.d.]. Books.google.co.id (25 Agustus 2017)