Penerapan Komunikasi Antarpribadi dalam Pelayanan Calon Jamaah Haji di Kementerian Agama Kota Kendari

Laode Muhammad Umar

Sari


Penelitian ini membahas tentang penerapan komunikasi antarpribadi dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Kendari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan komunikasi antarpribadi dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Kendari dan Hambatan Apa yang dihadapi petugas pelayanan calon jamaah haji dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Kendari.

Jenis penelitianini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriktif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan komunikasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah, petugas pelayanan haji, dan calon jamaah haji. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapenerapan komunikasi antarpribadi dalam melayani calon jamaah haji mengacu pada komunikasi timbal balik (diadik) dengan teknik penyampaian pesannya secara informatif, persuasif, dan pendampingan secara personal (face to face) serta menggunakan komunikasi secara dialogis. Adapun faktor penghambat adalah beragam pendidikan calon jamaah haji, umur calon jamaah haji yang rata-rata di atas 40 tahun, serta lamanya daftar tunggu jamaah haji.

Implikasi penelitian ini diharapkan kepada petugas pelayanan haji sedapat mungkin mengerti dan memahami keinginan dari calon jamaah haji dalam menyampaikan informasi atau pesan agar penyampaian informasi dan materi bias berjalan efektif. Oleh karena itu, calon jamaah haji diharapkan berperan aktif demi kelancaran pelaksanaan haji

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agil, Husin, Al Munawar, Said dan Halim, Abdul, Fikhi Haji Menuntun Jamaah Mencapai Haji Mabrur (Jakarta: Ciputat Press, 2003)

Budyatna, Muhammad dan Mona, Ganiem, leila, Teori Komunikasi Antarpribadi(Cet 1; Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2011)

Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: PT Rajagrafindo persada,2005)

Danial, staf seksi bidang penyelenggaraan haji dan umrah kementerian agama Kota Kendari, Wawancara, Gowa

Departemen Agama RI Badan Litbang Dan Diklat Puslitbang, Kehidupan Keagamaan, Melayani Tamu Allah.

Departemen Agama RI Badan Litbang Dan Diklat Puslitbang, Kehidupan Keagamaan, Ibadah Haji Dalam Sorotan Publik( Jakarta:Puslitbang Kehidupan Keagamaan,2007)

Direktorat Jenderal Kementerian Agama,Haji Dari Masa ke Masa (Jakarta: Kementerian Agama)

Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Ernawati, staf Bidang Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Kendari, Wawancara, Gowa

Esterbg, MetodologiPenelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Yogyakarta: Bumi Aksara, 2002)

Hadi, Sutrisno, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1986)

Hafid, Abd. ,Kepala Seksi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Kendari, Wawancara, Gowa

http//id, wikipedia.org/wiki/isma’il/diakses pada tanggal 20 0ktober 2014.

Ibrahim, staf Bidang penyelenggaraan Haji dan umrah kementerian Agama Kota Kendari, Wawancara, Gowa

Idris, Staf Seksi Keuangan Kementrian Agama Kota Kendari. Wawancara,Gowa

Kasmir, Etika Customer Service, (Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2005)

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Bandung: Pelita III, 2012)

Matdawam, M. Noor, Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah (Yogyakarta: Yayasan”Bina Karier” LP5BIP, 1986)

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015)

Nahrawi, Nahar, Manajemen Pelayanan Haji di Indonesia ( Jakarta: Puslitbang KehidupanKeagamaan,2009)

Nidjam, Achmad dan Hanan, Alatief, Manajemen Haji (Jakarta: MediaCita, 2006)

Panuju, Redi, ,Komunikasi Organisasi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)

Pemerintah Kota Kendari, “Letak Geografis Kota Kendari”, Official Website Pemerintah Kota Kendari, http://gowakab.go.id/profile (11 Oktober 2017).

Profil Kantor Kementrian Agama Kota Kendari Tahun 2015

Rahmayanti, Nina, Manajemen Pelayanan Prima (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013)

Ririn Afrilia, Strategi komunikasi Antarpribadi Pembina Panti Asuhan Wahyu Ilahi dalam meningkatkan Minat Belaja Anak (Makassar: Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, 2013)

Rochimi,.Adburrachman, H, Segala Hal Tentang Haji Dan Umrah (Jakarta: Erlangga,2012)

Slamet Riyanto, Haji Dari Masa Ke Masa (Jakarta: Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh, 2012)

Soejono Soekanto, Metode Penelitian Hukum (Jakarta: UII Pres,1984)

Suhani, Ibu Rumah Tangga, Wawancara, Gowa

Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011)

T.wood, Julia, Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian (Jakarta: Salemba Humanika 2011),

Tafsir Al-Usyr Al-Akhir Al Qur’an Al Karim Juz (28, 29, 30), cet. IV,

Uliah, Neneng, Implementasi Kebijakan system Informasi dan Komputerisasi haji terpadu (siskohat) pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2013)