KONSTRUKSI PEMBERITAAN KONFLIK ETNIS ROHINGYA (Analisis Framing Robert Entman pada Harian Sindo Makassar Edisi September 2017)

Arifuddin Tike, Rosida Rosida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui framing Harian Sindo Makassar dalam memberitakan konflik etnis Rohingya edisi September 2017, melalui pendekatan analisis framing model Robert Entman. Penelitian ini juga untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung pada pemberitaan konflik etnis Rohingya di Harian Sindo Makassar edisi September 2017.

Penelitian ini merupakan analisis teks media yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan model analisis framing Robert Entman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen dan pustaka. Teknik analisis data dilakukan dalam empat tahap analisis framing Robert Entman, yaitu define problem, diagnose causes, moral evaluation, dan treatment recommendation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harian Sindo dalam pemberitaannya cenderung menonjolkan tindakan ekstremisme dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh militer Myanmar terhadap etnis Rohingya di Rakhine. Tujuan pembingkaian yang dilakukan oleh Harian Sindo adalah untuk mendorong agar masyarakat internasional khususnya masyarakat Indonesia untuk bekerja sama mengatasi krisis kemanusiaan akibat aksi pembersihan etnis yang dilakukan oleh militer Myanmar. Hasil penelitian ini juga mengandung pesan-pesan dakwah, yaitu kepemimpinan harus tegas, adil, dan bijaksana, saling tolong-menolong antar umat bertetangga, dan membela yang Haq dan melawan yang batil (amar ma’ruf nahi mungkar).

Implikasi dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya khazanah peneliti media, khususnya yang berkaitan dengan penelitian analisis framing. Selain itu, penelitian ini dapat bermanfaat kepada masyarakat secara umum untuk lebih aktif dan selektif memilih berita untuk dibaca, dan secara khusus kepada insan media pemberitaan agar mampu menghasilkan berita-berita yang layak untuk dibaca dan tidak hanya menjadi bahan bacaan, namun mampu menjadi pelajaran bagi pembacanya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alex Sobur, Analisis Teks Media (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006),

Burhan Bungan, Construes Social Media Massa: Kakutani Pengiran Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L.Berger dan Thomas luckman(Cet, II; Jakarta: Kencana, 2008),

Burhan Bungin, Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Kons umen serta Kritik Terhadap Peter L.Berger dan Thomas luckman,

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif (Cet, ke VI; Jakarta: KENCANA, 2012),

Erimanthos, Analysis Framing: Construes, Ideology, dan Politic Media,

Eriyanto, Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media (Yogyakarta: LKIS, 2005),

http://m.dw.com/id/warga-rohingya-terjepit-dalam-konflik-di-myanmar. Diakses 27 Oktober 2017

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Koran_Sindo

Ibnu Hamad dan Agus Sudibyo, M. Qodari, Kabar-kabar Kebencian Prasangka di Media Massa (Jakarta: ISAI, 2001),

Ishwara, Luwi, Catatan-catatan Jurnalisme Dasar (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2005),

Peter L Berger dan Thomas Luckman, Tafsir Sosial atas Kenyataan (Cet, X; Jakarta: LP3ES, 2013),

Struktur Harian Sindo, Profil Harian Sindo Makassar, dalam Bentuk PDF, 2017

Syarifatul Ula, “Peran Aktor Non-Negara dalam Hubungan Internasional: Studi Kasus Human Rights Watch dalam Krisis Kemanusiaan di Myammar”, Journal of Internatonal Relations 3, no. 3 2017

Tri Joko Waluyo, “Konflik Tak Seimbang Etnis Rohimgya dan Etnis Rakhine di Myanmar”, Journal Transnational 4, no. 2 (2013):