KONTRIBUSI AGH. MUHAMMAD AS’AD TERHADAP PENGEMBANGAN DAKWAH DI SENGKANG KABUPATEN WAJO (Suatu Kajian Tokoh Dakwah)

Aguswandi Aguswandi

Sari


Perkembangan Islam di suatu daerah tidak terlepas dari kontribusi seorang tokoh dalam menanamkan nilai-nilai Islam. Termasuk perkembangan Islam di Sengkang Kabupaten Wajo tidak bisa dipisahkan dari kontribusi seorang ulama kharismatik yaitu AGH. Muhammad As’ad. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dakwah yang ditempuh, hambatan-hambatan yang dilalui, dan pengaruh dakwah AGH. Muhammad As’ad dalam mengembankan dakwah.

Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan sejarah dan disiplin ilmu dakwah. Sumber data penelitian berupa data primer dan sekunder. Data primer diproleh secara langsung dengan melakukan wawancara kepada informan yang berkompaten dan data sekunder dapat diperoleh dari telaah pustaka, dokumen resmi, buku dan karya ilmia lainnya. Pengumpulan data dengan menggunakan orservasi dan wawancara serta dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap kontribusi dakwah AGH. Muhammad As’ad di Sengkang Kabupaten Wajo, ditemukan jejak historis secara biologis dan akademis serta karya-karyanya dan begitupula beberapa bentuk-bentuk dakwah yang diterapkan kepada masyarakat. Selain itu, ditemukan beberapa tantangan yang dihadapi, tantangan itu dapat dibagi dalam dua faktor, yaitu: faktor lingkungan dan faktor perbedaan paham. Adapun pengaruh dakwah setelah AGH. Muhammad As’ad melakukan dakwahnya yaitu perubahan pola keagamaan masyarakat. Sebelum kedatangannya, kondisi masyarakat Wajo saat itu sangat jauh dari aqidah dan syariat Islam yang sebenarnya, dan setelah kedatangannya di Sengkang Kabupaten Wajo membawa masyarakat kepada pemahaman aqidah dan syariat Islam yang benar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, Nurlaelah. Gerakan Paham Ahli Sunnah Wal-Jama’ah di Sulawesi Selatan: Studi Tentang Peran Sosial Agama Darud Dakwah Wal-Irsyad (DDI), dengan kata pengantar oleh Sattu Alang, ed. Syamsul Pahri. Jakarta: Pustaka Mapan, 2006.

Dahlan, Sitti Salmiah. Rihlah Ilmiah AGH. Muhammad As’ad dari Haramain ke Wajo Celebes: Sebuah Perjalanan Religi Untuk Membangun Madrasah Arabiyah Islamiyah di Wajo Bugis Makassar. Dengan kata pengantar oleh Ahmad Rahman, Cet. I; Jakarta Selatan: Rabbani Press, 2013.

Hamka, Zainuddin. Corak Pemikiran Keagamaan Gurutta H. Muh. As’ad Al-Bugisi. Jakarta: Departemen Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Lektur Keagamaan, 2009.

Ismail, Daud. At-Ta’rif bi al-‘Alim al-‘Allamah Syaikh Haji Muhammad As’ad al-Bugisy. Ujung Pandang: Bintang Selatan, 1989

Manguluang, Hamzah. Riwayat dan Riwayat Guru Besar KY. H. M. As’ad. Sengkang: t.p., 1990.

Marhani. “K.H. Muhammad As’ad sebagai Pelopor Pendidikan Islam di Kabupaten Wajo”. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin, 2013.

Mujib, A. & dkk. Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Perkembangan Pesantren, Ed. Mastuki & M. Ishom El-Saha, dengan kata pengantar oleh M. Tholhah Hasan, Seri kedua, Cet. III; Jakarta, Diva Pustaka Jakarta, 2006.

Nasir, Muh S. Syekh Muhammad As’ad Ulama Besar Abad XX di Sulawesi Selatan (suatu tinjauan historis). Makalah, Makassar: PPs. UIN Alauddin, 2006.

Pasanreseng, Muh. Yunus. Sejarah Lahir dan Pertumbuhan Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang. Sengkang: Pengurus Besar As’adiyah, 1989-1992.

Pengurus Besar As’adiyah. Keputusan Muktamar XIII As’adiyah dan Program Kerja PB. As’adiyah Periode Tahun 2012-2017. Makassar: De la macca, 2013.

Ruslan, Muh dan Waspada Santing. Ulama Sulawesi Selatan; Biografi Pendidikan & Dakwah, Cet. I; Sulawesi Selatan: Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Sulawesi Selatan, 2007.

Said, Nurman. Membumikan Islam di Tanah Bugis, Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2011