PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL MADRASAH ALIYAH NURUL AS’ADIYAH CALLACCU SENGKANG KABUPATEN WAJO

Indo Nyalla Aras

Abstract


The application of multicultural-based Islamic education is the process of fostering and developing human potential so that the purpose of its presence in the world as a servant of Allah is achieved as well as possible, and shows attitudes and gives clear recognition of differences in understanding, ethnicity, race and ethnicity in the midst of society students. The application of multicultural based Islamic education can be seen from several instruments through teaching materials used, activities carried out by students and methods used by educators in the learning process in the classroom. Through the application of multicultural-based Islamic education can create Islamic values and embedded mutual respect and tolerance among fellow students.


Keywords


Application of multicultural based Islamic education

Full Text:

XML

References


Al-Quranul Karim

Arifinur, 2013, Tesis: Implementasi Pembelajaran Berwawasan Multikultural (Studi Kasus di SMA selamat Pagi Indonesia Kota Batu), UIN Maulan Malik Ibrahim, Malang.

Asse, Ambo. Kepala Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 13 Januari 2018

Azanuddin, 2010, Tesis: Penegmbangan Budaya Toleransi Beragama melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural di SMA Negeri 1 Amplopura Bali, UIN Maulan Malik Ibrahim, Malang.

Abd, Mudjib Muhaemin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Cet. I; Surabaya: Pusat Studi Agama, Politik dan Masyarakat, 2003.

al-Attas Syekh Muhammad Naquib, Konsep Pendidikan Dalam Islam. Cet. III; Bandung: Mizan, 1988.

Ashraf Syed Ali, New Horizon in Muslim Education. t.c. Cambridge: Hodder and Stoughton The Islamic Academy, 1985.

Ali, Muhammad. Theologi-Pluralis Multikultural . Menghargai kemajmukan menjalin kebersamaan, Jakarta: Kompas.

-------. Reorientasi Makna Pendidikan: Urgensi Pendidikan Terpadu, dalam Marzuki Wahid (Peny.), Pesantren Masa Depan : Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Athiyah, Muhammad al-Abrasyi. Ruh al-tarbiyah wa al-ta’lim. Saudi Arabia: Dar Ilya, t.t..

Asy’ari, Musa. “Pendidikan Multikultural dan Konflik Bangsa”, Kompas, 3 September 2004.

Ali, Maksum. Pluralisme dan Multikulturalisme; Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

Azhar, Muhammad. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. t.ct; Yogyakarta: LPPI, 1999.

al-Abrasyi, Muhammad 'Atiyah. Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta'lim. t.c. Mesir: Isa al-Baby al-Halabi wa Syurakah, 1970.

Amir, Faisal Yusuf. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1955.

Asrobah, Harun. Paradigma Pendidikan Islam.

el-Ashady, Fadli. Bone dalam Perspektif . Cet. I; Jakarta: Padamabo, 2006.

al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Juz VI, t.t.:Dar al-Fikr,1981 M/ 1401M, h.70. Dalam hadis lain dinyatakan: Addaba ni rabbi fa ahsana ta’dibi (H.R. Ibn Hibban). Lihat Jalal al-Din’Abd al-Rahman al-Suyuti, al-Jami’ al-Sagir fi al-Hadis al-Basyir al-Nazir. Indonesia: Maktab Dar-Ihya’Khutub al-‘Arabi, t.t.

Budiman, Manneke. Perempuan Multikultural: Negosiasi dan Representasi. Cet. I; Jakarta: Desantara Utama, 2005.

Bilgrami Hamid Hasan dan Ashraf Ali, The Concept of an Islamic University (t.c. Cambridge: The Islamic University, 1985.

Bukhari Bin Muchtar, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an: Tinjauan Makro, dalam Yunahar Ilyas C. Lodge Ruper, Philosophy of Education.

Departemen Pendidikan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. 1; Kasikho, Surabaya, 2006.

Departemen Pendidikan nasional, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Modern English Pers, Jakarta, 2002.

Dasmul, Scurity Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 21 Januari 2018.

Daradjat Zakiah, Pesantren Masa Depan : Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren.

M. Djamaluddin dan Ali Abdullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam . Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Fakih Mansou, Pendidikan Popular Membangun Kesadaran Kritis. Cet. I; Yogyakarta: Insist, 2001.

Fuad Ismail, “Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam” Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

al-Ghayani Mustafa, Izhotun Nasyi’in. Beirut: Maktabah Asyriyah, 1949.

al-Haramain al Khadim-Syarifain, Alqur’an dan Terjemahnya. Madinah: Mujamma al-Khadim al-Haramain.

Hasbullah, Kapita Selecta Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Husain Usman, Pembina Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 16 Januari 2018Hasriana, Guru Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 20 Januari 2018.

al-Hasyimiy Ahmad Al-Sayyid Bik, Mukhtar al-Ahadi>ts al-Nabawiyyah, Kairo: Matba’ah al-Hijaz.

Ismail M., dkk. (ed), Paradigma dan Reformasi Pendidikan Islam. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo, 200.Jumandar, Paradikama pendidikan Islam Berbasis Multikultural dan Penerapannya pada Madrasa Tsanawiyah Jangkali Kabupaten Bone”, Tesis . Makassar, Ps UIN Alauddin, 2014.

Ismail M., dkk. (ed), Paradigma dan Reformasi Pendidikan Islam.

Ismail Zainal, et al., Pedoman Majlis Taklim. Jakarta: Proyek Penerangan Bimbingan Dakwah Khotbah Agama Islam, 1984.

Jamaluddin Muhammad al-Qasimi, Tafsir Mahasin al-Ta’wil Juz. I. Cairo: Dar al-Ihya, t.t.

Jalal Abdul Fatah, Min Usul at-Tarbawiyah fi al-Islam. Mesir: Dar al-Kutub Mishriyyah, 1977.

J. Moleong Lexy, Metode Penelitian Kualitatif . Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Jalal Abdul Fatah, Min Usul at-Tarbawiyah fi al-Islam.

Langgulung Hasan, Manusia dan Pendidikan- Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan. Cet. I; Jakarta: al-Husna, 1986.

Kementerian Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya.

Katu Mursyid, Guru Bimbingan Konselin Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 20 Januari 2018.

Katsir Ibnu, Tafsir Ibnu Katsir, ditarjih dan tahqiq oleh Syaikh Khalid Muhammad Muharram, tafsir al-Qur’anul ‘Adzim . Cet. III: Bairut: al-Maktabah al-‘Ashriyyah, 2000.

Kymlicka Will, Citizenship Multicultural; a Liberal of Minorty Right, diterjemahkan oleh Adlina Hafmini Addin dengan judul Kewargaan Multikultural. Cet. II; Jakarta: LP3ES, 2011.

Kartono Kartini, Pengantar Metodologi Research Sosial. Cet. I; Bandung: Alumni, 1985.

Liliweri Alo, Makna Budaya dan Komunikasi Antar Budaya. Cet. I; Yokyakarta: LKS, 2003.

Masnaeni, Guru Akidah Akhlak Mdrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 13 Januari 2018.

D. Marimba Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam.

Muhammad al-Toaumy Omar, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, terj. Hasan Langgulung, Filsafat Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

al-Maraghi Musthafa, Tafsir al-Maraghi Juz. I, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

al-Mahalli Imam Jalaluddi & Imam al-Jalaluddin al-Suyuti, Terjemahan tafsir jalalain berikut Azbabun Nuzul Jilid 2, terj. Bahrun Abu Bakar. Bandung: Sinar Baru al-Gesindo, 2003.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000.

Maslikhah, Paradigma Pendidikan Islam Berbasis Multikultural.

Muhaimin, et. Al, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya

Madjid Nurkholish, Islam: Doktrin dan Peradaban.Cet. I; Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1984.

A.W. Munawir, Kamus al-Munawir Arab Indonesia, Cet. IV; Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Ma'arif Ahmad Syafi'i, Islam dan Masalah Kenegaraan. Cet. I; Jakarta: LP3ES, 1985.

Muhaemin Abd. Mudjib, Paradigma Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 1993

Mappaganro, Eksistensi Madrasah Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Ujung Pandang: Berkah Utami, 1996.

Mashoeri, Basic Momerandum tentang Pendidikan Depdikbud. Jakarta: Depdikbud, 1970

Muharram Muhammad, tafsir al-Qur’anul ‘Adzim. Cet. III: Bairut: al-Maktabah al-‘Ashriyyah,2000.

Nurlaila, Guru Fikih/Ushul Fikih Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 17 Januari 2018.

Nadwi Haq Habibul Syekh, Dinamika Islam. Bandung: Risalah, 1984.

Nazir Moh, Metode Penelitian, Cet. III; Jakarta: Ghalia Indonesia, 2008.

Naquib, Abdul Mun'im. Tarikh al-Hadarah al-Islamiyah fi al-'Unsur al-Wusta. Kairo: Maktabah al-Anglo al-Misriyah, 1978.

Nata Abudin, Pidato pengakuan Guru Besar (Pendidikan islam di Indonesia: Tantangan dan Peluang, UIN Syarif Hidayatullah Press.

Nasution Harun , al-Gazali dan Filsafat, disampaikan dalam Simposium mengenai al-Gazali, tahun 1985 di Jakarta.

al-Nahlawy Abdurrahman, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro, 1989.

Pluralitas Agama. Jurnal El-Tabrawi . Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1. No. 1. 2008.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan pada mulanya madrasah ini bercorak agama semata. Namun, pada tahun 1915, madrasah tersebut berobah menjadi HIS. Holand Inland School. Adabiyah. Jadi, HIS Adabiyah merupakaJn madrasah pertama yang memasukkan pelajaran umum ke dalam kurikulumnya.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. III; Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Rasiyo, Berjuang membangun Pendidikan Bangsa: Pijar-pijar Pemikiran dan Tindakan. Malang: Pustaka Kayu Tangan, 2005, cet.1

Rasyid Ridha Muhammad, Tafsir al-Manar Juz. I. Mesir: Dar al- Manar 1373 H.

Ruper C. Lodge, Philosophy of Education, New York: Harper & Brother, 1947, dalam Muhaimin, et.al, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000..

al-Razi, al-Tafsir al-Kabir wa-Mafati al-gaib, ed. Khalil Muny al-Din al-Mais, jil. 20, Beriut: Dar al-Fikri, 1995.

Suriadi, Guru al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 22 Januari 2018.

Saliman, dkk “Model Pendidikan Multikultural pada Sekolah Pembaruan di Medan, Sumatera Utara”, Laporan Hasil Penelitian. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Sauqi Ahmad dan Ngainun Naim, Pendidikan Multikultural,

Sukri, “Pluralisme dan Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam, (Telaah atas Buku Ajar PAI SMA)”, Tesis, Makassar: Ps. UIN Alauddin, 2014

Sebagian mufassir menyatakan bahwa orang tua musyrik itu tidak boleh dido’akan. Lihat al-Razi, al-Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Gaib, ed. Khalil Muhy al-Din al-Mais, jil. 20. Beirut: Dar al Fikr, 1995 M/1415H.

Shiddiq HM. Arfah, Wawasan Multikultural “Makalah” Makassar: t.d

Standarisasi kurikulum madrasah, dikeluarkan oleh Departemen Agama pada tahun 1876, yang dilengkapi dengan: (a) pedoman aturan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran pada madrasah, sesuai yang berlaku pada sekolah umum; (b) diskripsi berbagai kegiatan dan metode penyampaian program untuk setiap bidang studi, baik untuk bidang studi agama maupun untuk bidang studi pengetahuan umum. Lihat Hasbullah, Kapita Selecta Pendidikan Islam.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan

Soebahar Abd. Halim, Wawasan Baru Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Syalabi Ahmad, Sejarah Pendidikan Islam. Cet. I; Bandung: Bulan Bintang, 1973.

-------. Tarikh al-Tarbiyah al-Islamiyah, Kairo: Al-Kasyaf, 1954

al-Tabataba'i, al-Mizan …juz 20.

Al-Toumy Omar Muhammad, Falsafah al-Tabiyah al-Islamiyah, terj. Hasan langgulung, Filsafah Pebdidikan islam. (Jakatra: Bulan Bintang, 1979

H.A.R Tilaar, Kekuasaan dan Pendidikan, Indonesia Tera. Magelang: 2003

Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 199.

Wahid Marzuki, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

-------. Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren.

Wahid Abd. Rahman, Keragaman Budaya Bangsa. Kompas, 23 Juni 2004.

Wehr Hans, A Dictionary of Modern Written Arabic: Arabic English. London, Macdonal & Evans Ltd, 1980.

Yunus Mahmud, Kamus Arab-Indonesia. Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Penafsir Alqur’an, 1972.

-------. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Hida karya Agung, 1978 dan Muhammad “Athiyah al-Abrasyi, Rub at-Tarbiyah wa At-Ta’lim, Mesir: Isa al- Bab al- Halabi wa Syurakah, t.t., dalam Abd. Halim Soebahar, Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Yamani Ahmad, Guru PKN Madrasah Aliyah Callaccu, Wawancara, tanggal 15 Januari 2018.

Getteng, Rahman. Pendidikan Islam dan pengembangan. Ujung Pandang: Yayasan al-Ahkam. 1977.

Aqil Siradj Said. Islam Kebangsaan: Fiqh Demokratik Kaum Santri. Cet. 1.Jakarta: Pustaka Cinganjur, 1999.

Ali Muhammad. Reorientasi Makna Pendidikan: Urgensi Pendidikan Terpadu. dalam Marzuki Wahid (Peny.). Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah.1999.

Ibrahim Ruslan. Pendidikan Multikultural: Upaya Meminimalisir Konflik Era Pluralitas Agama. Jurnal El-Tabrawi. (Jurnal PendidikanIslam), vol. 1. No. 1. 2008.

Mahfud Coirul. Pendidikan Multikultural. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009.

Bahri Syamsul. Nilai Pokok Pendidikan Multikultural dalam QS al-Hujurat: 11-13, Kalam.

Aly, Hery dan Munzier “Watak Pendidikan Islam”. Jakarta: Friska Agung Insani. 2003.




DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Inspiratif Pendidikan is indexed by

Creative Commons License This work is licensed under CC BY-NC-SA 4.0 

View My Stats

---------------------------------------------------------------------

Jurnal Inspiratif Pendidikan is published and managed by Department of Islamic Education Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

ISSN Print: 2337-6767 ISSN Electronic: 2655-4445