Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

1. Jurnal Penelitian Komunikasi menyajikan naskah hasil penelitian ilmiah di bidang komunikasi, media, budaya, komunikasi bisnis, dan informatika.
2. Jurnal Penelitian Komunikasi ditujukan untuk kalangan peneliti, praktisi, komunikasi, media, budaya, komunikasi bisnis, dan informatika
3. Jurnal Penelitian Komunikasi merupakan media informasi dan sarana pengembangan ilmu yang dapat memberikan masukan bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam membuat kebijakan.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

1. Untuk menentukan layak tidaknya sebuah naskah yang akan dimuat dalam Jurnal Penelitian Komunikasi, maka semua naskah yang masuk ke dewan redaksi akan ditinjau/direview oleh mitra bestari sesuai dengan bidang kepakarannya.
2. Naskah yang dikirim ke mitra bestari dalam keadaan tanpa nama.
3. Hasil tinjauan dari mitra bestari akan dikirimkan kembali ke penulis untuk dilakukan perbaikan.
4. Satu naskah akan ditinjau oleh maksimal dua mitra bestari.
5. Mitra bestari akan diberi waktu maksimal dua minggu untuk meninjau naskah.
6. Penentuan mitra bestari disesuaikan dengan ruang lingkup Jurnal Penelitian Komunikasi, mereka adalah para peneliti, praktisi, atau akademisi yang minimal bergelar Doktor di bidang komunikasi, media,bisnis, dan informatika.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.