PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS X6 MAN PINRANG

Sitti Zuhaerah Thalhah

Abstract


>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pendekatan problem posing. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika adalah sebesar 52,50 dengan standar deviasi 16,01 dari skor ideal 100 dan berada pada kategori rendah. Pada siklus II, diperoleh skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika adalah sebesar 65,52 dengan standar deviasi 15,52 dari skor ideal 100 dan berada pada kategori tinggi. Hal ini menandakan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika berdasarkan rata-rata dari siklus I ke Siklus II, Jumlah siswa yang tuntas secara klasikal pada Siklus I sebanyak 12 orang (27,27%) dan pada siklus II meningkat menjadi 27 orang (61,36%), dan Sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan semakin meningkat, yang dapat dilihat dari hasil respon siswa terhadap situasi yang diberikan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X6 MAN Pinrang setelah dilakukan pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing.


Keywords


Kemampuan Komunikasi; Pendekatan Problem Posing

References


Ali, M. (1983). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hudoyo, H. (1990). Strategi belajar mengajar matematika. Malang: IKIP Malang.

Kamil, A. A. (2006). Ilmu matematika dan perkembangannya http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0204/05/0319.html/

Kodri, F. (2003). Ferformance assessment in the class room. Ingenious.

Kurnianingsih, S. K. S. (2007). Matematika SMA dan MA untuk kelas X semester 1. PT. Gelora Aksara Pratama.

Marni. (2007). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII3 SLTP Negeri 26 Makassar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Skripsi. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar .

Pawellongi, N. (2004). Pendekatan problem posing (salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas I1 SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali. Skripsi. Makassar: Tidak diduplikasi.

Sahabuddin. (1999). Mengajar dan belajar. Makassar: UNM.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan masalah, penalaran dan komunikasi. Diklat instriktur/ pengembangan matematika SMU jenjang dasar. Widyaswar PPPG matematika Yogyakarta.

Slameto. (1988). Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: CV. Rineka.

Sudjana, N. (1989). Dasar – dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Jaya.

Suherman, E. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Upu, H. (2003). Problem posing dan problem solving dalam pembelajaran matematika. Pustaka Ramadhan.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

   BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats