PENINGKATAN INTELEGENSI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FUNGSI LOGARITMA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING

Siti - Masliani

Abstract


Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru,  peningkatan aktivitas siswa, peningkatan intelegensi siswa, peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model quantum learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model quantum learning pada materi fungsi logaritma dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, intelegensi, dan hasil belajar siswa.

Abstract:

The purpose of this research is to find out the improvement of teacher activity, student activity, student intelligence, student achievement, and student response to the learning quantum learning model which implemented. The classroom action research design (PTK) with 2 cycles was used in this study. Each cycle consists of the following stages: planning, implementation of action, observation and evaluation, analysis and reflection. The subjects of this study were 34 students of class X MIA 1. The collected data were conducted  using observation technique and the learning result test, and then, they were analyzed by using quantitative descriptive analysis technique and qualitative analysis. The result of this research shows that the quantum learning model can be used to improve teacher activity, student activity, student intelligence, and students’ learning outcomes.


Keywords


Model Pembelajaran; Quantum Learning; Hasil Belajar; Fungsi Logaritma

Full Text:

PDF

References


Adi, A., Dafik, Hobri, & Sugeng, D. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII SMP. Pancaran, 2(1), 13–25.

Adityarini, Y., Waluyo, J., & Aprilya, S. (2013). Penerapan model pembelajaran quantum learning dengan media flashcard untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012 (Pada Pokok Bahasan Animalia). Pancaran, 2(2), 189–199.

Ahmadi, A. (2004). Pengaruh minat belajar terhadap pembelajaran. Yogyakarta: BPFEE.

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiman, A. (2009). Tes IQ remaja jilid 1. Bandung: Pustaka Grafika.

DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum learning. PT Mizan Publika.

Iskandar. (2009). Hubungan Intelegensi dan hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT assyfa boarding school Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 103–114.

Sukiarti, N. K. (2009). Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar. Semarang: UNNES Press.

Surachmad, & Sunaryo. (2001). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, H. (2012). Pemanfaatan Kemampuan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas/Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Menunjang Proses Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3(2), 81–102.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
In collaboration with Ad-mapeta
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats