MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK, MIND MAPPING, DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Ida Ayu Dewi Wulandari, I Made Suarsana, I Gusti Ngurah Pujawan

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan mind mapping lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII non unggulan semester genap SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 293 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan dengan tes essay yang terdiri dari 5 butir soal. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar den gan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan mind mapping lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Abstract:

This study aims to determine whether the mathematical communication skills of students who learn by using learning models talking stick with mind mapping is better than the mathematical communication skills of students who learn by using conventional learning. This research type is quasi-experiment with research design post test only control group design. The study population is all students of Non-Superior Class VIII Junior High School 6 Singaraja Academic Year 2016/2017 with the number of 293 students. Sampling was done by purposive random sampling technique. Data of students' mathematical communication ability were collected by essay test consisting of 5 items. The collected data is then analyzed using the t-test. The results of data analysis showed that the mathematical communication ability of students who learn by using learning model talking stick with mind mapping is better than the mathematics communication ability of students who learn by using conventional learning.


Keywords


Talking Stick; Mind Mapping; Kemampuan Komunikasi Matematika

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Tresnayanti, P. I. (2017). Talking stick sebagai inovasi dalam aktivitas mengomunikasikan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 147–154. https://doi.org/10.23887/JISD.V1I3.10369

Awuy, E. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika (Studi Eksperimen pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMPN 1 Sausu).

Baroody, A. . (1993). Problem solving, reasoning, and communicating, k-8 helping children think mathematically.

Buzan, T. (2009). Buku pintar mind map.

Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal E-DuMath, 1(2), 122–137. https://doi.org/10.26638/JE.116.2064

Gay, L. (2006). Educational research: Competencies for analysis and application (8th ed.). New York.

Iwan. (2004). Mengoptimalkan daya kerja otak dengan berfikir holistik dan kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, B. A. (2017). Efektivitas model pembelajaran mind mapping menggunakan alat peraga matematika. Edumath, 3(1), 9–14.

Khasanah, D. L., & Soedjoko, E. (2013). Keefektifan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar materi pokok aljabar info artikel abstra, Jurnal 2(1).

Maisura, & Jannah, R. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran index card match pada materi geometri di kelas X Sma Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng, Jurnal 3(1).

Nasional, D. pendidikan. (2006). Permendiknas nomor 22 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. Oecd, (67), 16. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Shiel, G. e. al. (2007). PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Dublin: Stationery Office.

Sriyanti, A. (2015). Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas Vii Smp Lpp Umi Makassar, Jurnal (3), 20–29.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sullvian, P. & Mousley. (1996). Natural Communication in Mathematics Classroom : Whats Does it Look Like. Melbourne: Merga.

Sumarno. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FMIPA UPI.

Vitantri, C. A. (2017). Integrasi Concise Learning Method Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Matematika Di Perguruan Tinggi, Jurnal 10(2), 203–221.

Windura, S. (2008). Brain Management Series for Learning Strategys – Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Yunita, C. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIISemester Genap SMP Negeri 2 Tanjungsari-Sumedang.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
In collaboration with Ad-mapeta
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats