PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tri Ariani, Ovilia Putri utami gumay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar siswa kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Desain penelitian yang digunakan  experiment group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini yaitu dengan soal tes berbentuk essay. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo dan sebagai sampelnya adalah kelas X.1 yang berjumlah 33 siswa dan kelas X.2 yang berjumlah 35 siswa dan diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh nilai thitung = 2,8019  ttabel =1,671. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction secara siginifikan lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing kelas X di MA Al-Muhajirin Tugumulyo”.


Keywords


Problem Based Instruction, Inquiry Terbimbing, Hasil Belajar.

References


Ariani, T. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 19-26.

Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Jauhar, 2011, Implementasi Paikem. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lovisia, E. (2019). Penerapan metode ekperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Muara Beliti. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(2), 114-120.

Majid, 2013, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marnoko, 2011, Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Konvensional Hasil Belajar Ekonomi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 4(2), 612-632.

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2014, Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, 2014, Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancaran, 3(2), 165-174.

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v8i2.15267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325