PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA

Ainul Uyuni Taufiq, Kartina Tina Tina, Hamsiah Djafar

Abstract


Abstrak
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar fisika peserta didik dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Awareness Training yaitu sebuah penelitian eksperimen dengan menggunakan tekhnik sampel the matching only post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dengan penunjukan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Awareness Training sebesar 103,84. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,42 dan ttabel sebesar 2,024. Sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa subjek penelitian merespon positif sehingga dominan subjek memiliki peningkatan motivasi dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 50% pada kategorisasi motivasi yang telah ditentukan sebelumnya.


Keywords


Motivasi Belajar; Awareness Training; The Matching Only Post-Test

References


Ahmad Rohani.2004. Pengelolaan Pengajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto. Statistik Penelitian Pendidikan.2002.Jakarta : PT Rineka Cipta.

B.Uno, Hamzah . 2011. Model pembelajaran (menciptakan proses belajar yang kreatif dan efektif ).Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Dalyono , M.2009. Psikologi Pendidikan . Jakarta : PT Rineka Cipta.

Darmadi.2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Komara. 2004. Belajar dan pembelajaran interaktif. Bandung: PT Rafika Aditama.

Gazali, Hasnah. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Pidato Melalui Model Pembelajaran Awareness Training (Pelatihan Kesadaran) pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa”. Skripsi Sarjana Pendidikan agama Islam.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran . Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hilgart dalam Slameto. 2003 . Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.

Kardi dan Nur. 200.” Ciri-ciri model pembelajaran langsung”. Dalam Trianto.2007. Model - Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Nisfiannoor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humatika.

Neni, Marlina. 2004. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Awareness Training Di Kelas V11 SMP Negeri 2 Atinggola” Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1a3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325