PENERAPAN METODE MOTIVASI BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DASAR

Suhardiman Hardi, Rafiqah Haryadi

Abstract


Tujuannya mengetahui penerapan metode motivasi behavioristik dalam pembelajaran fisika serta hambatannya pada Mahasiswa. lokasi penelitian di Program Studi Pendidikan Fisika, informannya Dosen fisika dan  Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dokumentasi, video. Hasil penelitiannya metode yang diterapkan Dosen yaitu pujian, penghargaan, penghapusan kewajiban. Kalimat pujian berupa “wah bagus”, “pekerjaanmu baik”, diberikan saat Mahasiswa mengerjakan soal dengan baik. Penghargaan yaitu tepuk tangan, diberikan ketika Mahasiswa menjawab soal dengan baik, memperhatikan penjelasan Dosen.Penghapusan kewajiban yaitu bebas tes, diberikan Dosen saat Mahasiswa memperoleh akumulasi nilai harian tinggi atau nilai ulangan harian tinggi. Pengakuan sosial dan hak istimewa tidak diterapkan karena menimbulkan diskriminasi Mahasiswa. Metode tersebut mampu menambah semangat belajar Mahasiswa, dilihat dari Mahasiswa mengerjakan soal dan memperhatikan pelajaran dalam kelas. Kendalanya tidak semua Mahasiswa menyukai mata pelajaran fisika. Upayanya yaitu melakukan praktikum dan mengaitkan pembelajaran dengan kegiatan sehari hari.



Keywords


Motivasi; Behavioristik;

References


Departemen Agama RI, 2001, Al-Qur’an dan Terjemahnya, CV Penerbit Jumanatul Ali – Art, Bandung.

Ellis, Janne Ormrod, 2008, Educatinal Psychology Developing Learners. Merrill Prentice Hall, New Jersey, 2008.

Moreno,Roxana,2010,Educational Psychology, John Willey & Son Inc, ; America.

Ngalim, M Purwanto, 2006, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Cet XX, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rahman, Ulfiani, 2014, Memahami Psikologi dalam Pendidikan Teori dan Aplikasi, Alauddin University Press, Makassar.

Santrock, John W, 2004, Educational of Psikology, Mc GrawHill, New York.

Sardiman, 2000, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Slavin, E Robert, 2009, Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek, PT Indeks, Jakarta.

Uno, B Hamzah, 2012, Teori Motivasi dan Pengukurannya; Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325