PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUKAN MEDIA SIMULASI PhET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Halimatus Sakdiah, Petri Reni Sasmita

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantukan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian “Quasi Eksperimen” dengan desain “pretse-postes two group”. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara “cluster random sampling” sehingga mendapatkan dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif dari C1 hinggan C6  yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Setelah diuji normalitas dan homogenitas darit data yang didaptkan selanjutnya dilakukan uji t pada  postes. Hasil  penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa nilai thitung (2,394) > ttabel (1,982) sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) berbantukan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi pokok elastisita.

Keywords


TGT, PhET, dan Kognitif siswa

References


Finkelstein, N. 2006. “Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project”. Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 2 (3): 110-121.

Perkins, et al. 2006. PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. Journal The Physics Teacher. Vol. 44.

Rahmayani & Sahyar, 2018, The Effect Of Cooperative Learning Model Type Teams Game Tournament (TGT) On Outcome Learning Of Conceptual Knowledge Physics Students. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 7 (1): 55 - 60

Sanjaya, Wina.,2006, Strategi Pembelajaran, Kencana, Bandung.

Sakdiah, H, & Arpenas, 2018, The Analysis of SWOT Management and Students’ Interest Toward STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu tarbiyah. Vol 3 (1): 31-40.

Sasmita, PR, dkk, 2018, Analisis Motivasi Mahasiswa dalam Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ). Vol 1 (2): 89-95

Slavin, R, E., 2005, Cooperatif Learning, United Statea of America.

Sunni, M.A., Wartono, dan Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Malang : Pasca Sarjana MPIPA Universitas Negeri Malang.

Ulfah, AF, dkk, Model Kooperatif TGT Dalam Pembelajaran Fisika di MAN 2 Jember (Pokok Bahasan Analisis Gerak Lurus Dua Dimensi), JURNAL EDUKASI UNEJ, II (2): 12-15

Wiravanjaya. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Phet Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP/MTs. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2a3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325