Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MA. PP. Yasrib Soppeng

Andi Nurul Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaktif media pembelajaran berbasis youtube dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data dan mengolah data menggunakan aplikasi SPSS 22 for windows. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, regresi berganda, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis youtube dan minat belajar berpengaruh interaktif terhadap hasil belajar Bahasa Arab.

Abstract : This study aims to analyze the effect of interactive YouTube-based learning media and interest in learning on student learning outcomes in Arabic subjects. This type of research is field research, while the method used in this study uses quantitative research methods. Researchers collect data and process data using the SPSS 22 application for windows. Data collection methods used by researchers are observation, questionnaires, and tests. The analysis technique used is a simple linear regression test, multiple regression, and t-test. The results of this study indicate that YouTube-based learning media and interest in learning have an interactive effect on Arabic learning outcomes.


Keywords


Media Pembelajaran; Bahasa Arab; Minat Belajar; MediaYouTube

References


Nuha, Ulin. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2016.

Usman. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2007..

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012.

Suwardi. Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo”, Tesis. Makassar: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2010.

Qomariyah, Hidayatul. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technologiy (ICT) terhadap Motivasi dan Hail Belajar IPA Kelas 4 MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang”, Tesis. Malang: Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Pascasarjana UIN Malik Maulana Ibrahim Malang. 2016.

M. Yusuf T. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dengan Webquest dan Efikasi Diri terhadap Peningkatan Literasi Pengetahuan”. Disertasi. Jakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Lestari, Renda. “Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris”, Prosiding the Second Progressive and Fun Education Seminar. Jambi: STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. 2017.




DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.19114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Shaut Al-'Arabiyah is published by  the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN Print: 2354-564X ISSN Online: 2550-0317

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: arabiyah@uin-alauddin.ac.id

Jurnal Shaut al-'Arabiyah Indexed by: