Analisis Pembelajaran Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dalam Maharah Kalam

Husnatul Hamidiyyah Siregar, Nur Hadi, Danial Hilmi

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab dalam aspek maharah kalam merupakan kemahiran yang paling penting agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran. Siswa harus mampu mengkomunikasikan pikiran dan perasaan lewat bahasa lisan yang jelas dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI dalam keterampilan berbicara bahasa Arab (maharah kalam). Penelitian ini menggunakan metode library reserach (penelitian kepustakaan), sedangkan pengumpulan data dengan mencari infomrasi, menganalisa dan menyimpulkan data dengan menelaah beberapa jurnal, buku, artikel serta catatan terkait dengan model pembelajaran SAVI dan maharah kalam. Adapun hasil penelitian ini adalah pembelajaran bahasa arab khususnya maharah kalam dapat dilakukan dengan model SAVI merupakan alternatif dalam menyelesaikan kesulitan yang dihadapi siswa. Kecerdasan somatic dapat mengarahkan siswa untuk mempraktikkan materi kalam yang dilihat dan didengar melalui peragaan tubuh atau kemampuan kinestis. Pembelajar auditory mampu mendengarkan secara detail topik materi kalam dan mengutarakan sesuatu yang didengar. Pembelajar visual akan lebih aktif dengan pembahasan  materi kalam malalui video, gambar, doodling, ilustrasi serta warna. Pembelajar intelektual mampu mengcover semua kecerdasan sebelumnya, maka pembelajar mampu menjadi native bahasa Arab dengan berpidato, tanya jawab, strory telling dan pemecahan masalah.

Abstract : Learning Arabic in the aspect of maharah kalam is the most important skill so that students can achieve learning objectives. Students must be able to communicate their thoughts and feelings through clear and correct spoken language. This study aims to determine the application of the SAVI learning model in Arabic speaking skills (maharah kalam). This study uses the library research method (library research), while data collection is done by looking for information, analyzing and concluding data by examining several journals, books, articles and notes related to the SAVI and maharah kalam learning models. The result of this research is that learning Arabic especially Maharah Kalam can be done using the SAVI model which is an alternative in solving the difficulties faced by students. Somatic intelligence can direct students to practice kalam material that is seen and heard through body demonstrations or kinesthetic abilities. Auditory learners can listen in detail to the topic of kalam and express what they hear. Visual learners will be more active by discussing kalam material through videos, pictures, doodling, illustrations and colours. Intellectual learners can cover all previous intelligence, so learners can become native Arabic speakers by giving speeches, questions and answers, storytelling and problem-solving.


Keywords


Pembelajaran SAVI; Keterampilan Berbicara; Bahasa Arab

References


Awaliyah, Helmy Fauzi. “Peningkatan Prestasi Belajar Al Kitābah Dengan Model Accelereted Learning Menggunakan Pendekatan Savi Pada Siswa Kelas VIII A Mts Negeri Sleman Kota.” al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (December 20, 2016): 121–40. https://doi.org/10.14421/almahara.2016.022-07.

———. “Peningkatan Prestasi Belajar Al-Kitabah Dengan Model Accelereted Learning Menggunakan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VIII Kelas A MTs Negeri Sleman Kota.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. No. 2 (Desember 2016): 308.

Azmi, Minatul, and Maulida Puspita. “Metode Story Telling Sebagai Pembelajaran Maharah Kalam Di Pkpba Uin Malang.” Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 2019.

Hanafi, Abdul Halim. Metodologi Penelitian Bahasa. Batu Sangkar: STAIN Batu Sangkar Press, 2010.

Hendri, Muspika. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 2 (2017): 196–210.

Ilyan, Ahmad Fuad Mahmud. Al-Maharat Al-Lughawiyah: Mahiyatuha Wa Tharaiq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa Al-Tauzi’, 1992.

Koderi. “Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Al-Bayan 10, no. 1 (June 2018): 75.

Kusumawati, Sri Wahyuni. “Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar” 01 (2013): 10.

Malawi, Ibadullah, and Ani Kadarwati. Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). Magetan: CV. AE. Grafika, 2017.

Meier, Dave. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif Dan Aktif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung: Kaifa, 2004.

Milawati, Teti. “Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama Dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI),” no. 2 (2011): 9.

Nalole, Darwati. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” 2018, 17.

Putri, Yeni Sugena. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN Persero Area Klaten.” JURNAL STUDI MANAJEMEN ORGANISASI 13, no. 1 (July 1, 2016): 88. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13416.

Rahmaini. “Strategi Pembelajaran Maharah Kalam Bagi Non Arab.” Ihya Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, no. 2 (July 2015).

Said, Akhdan Nur, and Diana Rahmawati. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta).” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 7, no. 1 (April 19, 2018). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.

Sari, Milya. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” n.d., 13.

Ulvah, Shovia, and Ekasatya Aldila Afriansyah. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI Dan Konvensional.” Jurnal Riset Pendidikan 2, no. 2 (Desember 2016): 146.

Yamin, Martinis. Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group, 2013.




DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.20588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Shaut Al-'Arabiyah is published by  the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN Print: 2354-564X ISSN Online: 2550-0317

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: arabiyah@uin-alauddin.ac.id

Jurnal Shaut al-'Arabiyah Indexed by: