Persepsi Mahasiswa Semester VII dan IX Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Tentang Penulisan Skripsi Berbahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Syahruddin Usman

Sari


Karya tulis ilmiah dan perguruan tinggi tidak dapat dipisahkan karena perguruan tinggi membina mahasiswa. Mahasiswa dalam kegiatan kesehariannya selalu bersentuhan karaya ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuninya di perguruan tinggi yang bersangutan.

Karya ilmiah ini bagi mahasiswa sangat penting baik mahasiswa program diploma, program sarjana, program magister, maupun program doktor. Oleh karena itu, perlu diadakan pembiasaan mahasiswa tersebut menyusun atau membuat laporan, makalah atau tugas yang berkaitan dengan mata kuliah. Apalagi setiap akhir program studi mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi menjadi syarat utama penyelsaian studi membuat karya ilmiah sesuai tingkat program pendidikannya. 

Wahyu (2001: 61) mengatakan bahwa “suatu karangan dapat dikatakan ilmiah jika ia mengungkapkan suatu permasalahan dengan metode ilmiah”. Maryadi dalam Harun, dkk (2001: 14) mendefinisikan karya ilmiah yaitu “suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu permasalahan tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan” Dwiloka dan Riana, (2005:1-2) Karya ilmiahh atau tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuwan (yang berupa hasil pengembangan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperolehnya melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian, dan pengetahuan orang lain sebelumnya.

Memperhatikan pandangan pakar tentang pengertian karya ilmiah di atas maka dapat dipahami bahwa karya ilmiah adalah karya mengungkapkan permasalahan  untuk dipecahkan dengan menulusri berbagai literatur yang ditulis oleh para pakar dengan mengikuti kaidah-kaidah keilmuan.

Pembiasaan mahasiswa menulis dengan mengikuti kaidah-kaidah karya tulis ilmiah sejak dini suatu hal yang sangat penting. Karena kegiatan menulis membutuhkan tenaga ekstra dalam menelusuri berbagai literatur yang terkait dengan tema yang akan ditulis. Penelusuran literatur tidaklah mudah karena membutuhkan tenaga, waktu, dan perhatian yang serius terutama mahasiswa yang memiliki kemampuan membaca dan menelaah terbatas.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar salah satu program studi di dalamnya adalah Program studi Pendidikan Bahasa Arab, mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya  pada program studi tersebut diwajibkan menulis skripsi atau karya ilmiah dalam bahasa Arab. Mahasiswa kelihatan mengalami kesulitan menulis karya tulis ilmiah/skripsi berbahasa Arab, karena pada saat menyusun drap atau proposal belum mampu menyusun kalimat dalam bahasa Arab dengan baik dan benar. Padahal mereka memilih  program studi Pendidikan Bahasa Arab.

Berdasar hal tersebut peneliti tertarik meneliti lebih jauh untuk memperoleh informasi yang akurat tentang tanggapan atau persepsi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab tersebut tentang keharusan menulis skripsi atau karya ilmiah dengan bahasa Arab.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

As’ad, Mohd. 1990. Psikologi Industri. Yogyakarta. Liberty.

Baltus, R.K. 1983. Personal Psychology for Life and Work. New York : McGraw Hill.

Chaplin, J.P. 1999. Kamus Lengkap Psikologi. (Edisi 5). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Davidoff, Linda L., 1991. Psikologi: Suatu Pengantar. Alih bahasa Mari Juniati. Jakarta. Erlanga.

Depdiknas.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Furchon, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Gibson, James L., Ivancevich, John M., and Danelly, James H., 1985. Organizations: Behavior, Structure, Process. Texas. Bussines Publications, Inc

Husaeni, Usman dan Purnomo Setiady Akbar.1996. Metodologi Penelitian Sosial. Cet. I; Jakarta : Bumi Aksara,), h.43

Kepmenkowasbangpan no 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya

Muchtar Lutfi, dkk. 1984. Buku Panduan Penulisan Makalah dan Skripsi. Pekanbaru. FKIP Universitas Riau.

Peter Salim. 200. Salim’s Ninth Collegiate English- Indonesia Dictionary. Jakarata. Modern English Press.

Rakhmad, Jalaludin. 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sambas, Ali Muhidin. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Subino, 1982. Bimbingan Skrispi: Rancangan, pelaksanaan, analisis dan penulisan. Bandung. ABA YAPARI.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

-----------. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. (edisi Rev). Jakarta : PT Gramedia. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Kepmen38-Waspan-8-1999FungsionalDosen. Pdf

Zulkifli. 2011. Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Dosen Pembimbing Dalam Pembuatan Tugas Akhir (Skripsi) Mahasiswa Pada Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Riau Pekanbaru


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Shaut al Arabiyah telah terindex di :