Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) MAN 3 Makassar

Andi Witraniyah Assaggaf Syarifah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di Madrasah Aliyah Negri program keagamaan (MANPK) MAN 3 Makassar, sebagai madrasah yang menerapkan sistem boarding school, MANPK MAN 3 Makassar melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas output dari peserta didiknya untuk mencapai visi dan misi dari madrasah yaitu menjadi madrasah keagamaan terdepan yang menjadi rujukan di Indonesia bagian timur yang unggul dalam ilmu-ilmu keislaman, bahasa dan karakter islami yang berorientasi timur tengah, MANPK MAN 3 Makassar telah berhasil mengirim siswa dan siswinya ke berbagai universitas baik di dalam maupun di luar negri seperti maroko dan mesir

Kata Kunci


Pembelajaran; Metode Pembelajaran Bahasa Arab

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depatemen Agama RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan (Jakarta: Depag RI, 2007), h. 5.

White, J.M and Klein, D.M Family Theories: Second Edition (California: Sage Publication inc, 202), h. 19.

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Terjemah dan Tajwid (Jawa Barat: Sygma, 2014), h. 235.

Mustaqim Ilyas (24tahun), Guru Bahasa Arab MANPK MAN 3 Makassar, Wawancara, Makassar, 25 Oktober 2017.

Depatemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat (Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka), h. 23.

Rusman, Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru, h.134

Hamzah B. Uno, Model-Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), h. 5.

Muh. Rapi, Pengantar Strategi Pembelajaran (Pendekatan Standar Proses) (Makassar: Alauddin University Press, 2012), h. 19

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Cet. IV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008), h. 15.

Nurkhalisa Latuconsina, Pengelolaan dalam Kelas Pembelajaran (Makassar: Alauddin University Press, 2013), h. 7

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Cet. XI; Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 57.

M. Quraisy Shihab, Membumikan Al-Qur’an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (Cet. 1; Bandung: Mizan, 1997), h. 169.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Beberapa Pokok Pikiran (Cet.III; Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), h.125.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Semarang: LSIS dan RASAIL Media Group, 2009), h.7.

Sri Utari Subyakto Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa (Cet. I; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993), h. 170

A. W. Munawwir, Kamus al-Munawwir Arab–Indonesia Terlengkap (Cet. I; Yogyakarta Pustaka Progressif,1984), h. 1224


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Shaut al Arabiyah telah terindex di :