Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Peningkatan Maharah Al-Kalam Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (Man) Mamuju

Nordi Sanra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan maharah al-kalam peserta didik yang diajar tanpa menggunakan media gambar dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab, serta untuk menguji pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan maharah al-kalam peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis eksperimen. Adapun sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan t-test, maka diperoleh thitung 12,458  yang lebih besar dari ttabel 2,056 pada taraf signifikansi 0,05  dan ini menunjukkan bahwa Ha diterima, ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan maharah al-kalam peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Selain itu, uji t dilakukan untuk melihat perbandingan maharah al-kalam peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa maharah al-kalam peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media gambar lebih tinggi dari kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media gambar.


Kata Kunci


Metode pembelajaran; Media Gambar; Maharah al-kalam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Abdul Karim H. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2007.

Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi.Konstruksi Pengembangan Pembelajaran: Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Cet. I; Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2010.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

-------. Teknologi Pembelajaran Agama. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Cet. I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.

Hamalik, Oemar. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Andilu Bakti, 1989.

-------. Media Pendidikan. Cet. VII; Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1994.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011.

https//anggafadhilah.wordpress.com/2018/1/19/pembelajaran-berbicara-dalam-bahasa-arab/ diakses pada tanggal 19 Januari 2018.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2009.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Rosyidi, Abdul Wahab & Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Sadirman, Arif S. Dkk,. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Cet. II; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Saepudin. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Aplikasi. Cet. I; Yogyakarta: Trust Media Publishing, 2012.

Soehartono, Irawan. Metode Penelitian Sosial Lainnya. Cet. V; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Cet. VIII; Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2008.

Tarigan, Henri Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Cet. I; Bandung: Angkasa, 1994.

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Shaut al Arabiyah telah terindex di :