Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Taufik Nur

Sari


Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan peningkatan pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Mengetahui kemampuan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Mengungkapkan permasalahan-permasalahn apa saja yang menjadi permasalahn dalam kegiatan upaya peningkatan pembelajaran dengan penerapan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan yang dianggap relevan dengan variabel utama yang diteliti, yakni pendekatan linguistik, pedagogis, dan pendekatan manajerial. Adapun informan yang dijadikan sebagai narasumber adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru-guru bidang studi, staf tata usaha, pembina ekstrakurikuler, pengurus komite, orang tua peserta didik, masyarakat, dan peserta didik itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa triangulasi berbagai sumber, berbagai cara dan berbagai waktu. Hasil penelitian tesis ini memberikan gambaran tentang bagaimana proses pembelajaran bahasa arab di MTs.N 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Serta mengungkapkan langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan pembelajaran bahasa arab dengan penerapan manajemen berbasis sekolah. Dan menguraikan faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat peningkatan pembelajaran bahasa arab di MTs.N 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai.


Kata Kunci


Pembelajaran Bahasa Arab; Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E.Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung: Rosakarya, Cet. VII, 2008)

.......... Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, (Bandung: PT Rosda karya, 2002)

.......... Manajemen Pendidikan Karakter. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Sudarwan Danim. Menjadi Komunitas Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945, pasal 31 ayat (4)

Kementerian Agama RI. Pedoman Khusus Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. (Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam Depag RI, 2004)

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000)

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. No. 20 Tahun 2003. (Jakarta: Sinar Grafika, 2009)

Oemar Hamalik. Kurikulum dan Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

John M.Echols dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. (Jakarta: PT. Gramedia, 2006)

Ahmad Maulana, dkk. Kamus Ilmiah Populer. (Yogyakarta: Absolut, 2004)

Peraturan Menteri Agama No. 2 Tahun 2008, Bab VI.

Permenag No 2 Tahun 2008, BAB I, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah.

Furqonul Aziz dan Chaidar Al-Wasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000, Cet. II)

Sudarwan Danim. Visi Baru Manajemen Sekolah, Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik.

Jamal Ma’mur Asmani. Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. (DIVA press, anggota IKAPI, 2012)

Kementerian Pendidikan Nasional. Paket Pelatihan 1, peningkatan mutu pendidikan dasar melalui manajemen berbasis sekolah, peran serta masyarakat, pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, Juni 2005

Umaedi. Managemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama

Eddy Warsono dan Karsidi Budi Anggoro. Otonomi Pendidikan di Era Otonomi Daerah

Ibrahim Bafadal. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

http// www.depdiknas.go.id/file: //A :MANAJEMEN PENDIDIKAN MASA DEPAN.htm


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Shaut al Arabiyah telah terindex di :