Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Negeri 20 Gowa

Muh Qadari Indrayanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self regulated learning  dan hasil belajar bahasa Arab siswa SMA Negeri 20 Gowa serta mengetahui adanya pengaruh self regulated learning  terhadap hasil belajar bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan statistik regresi sederhana. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data kemudian menyederhanakan seluruh data yang terkumpul, menyajikannya dalam suatu susunan yang sistematis, kemudian dengan bantuan aplikasi program software SPSS ver. 21 for windows dalam mengolah data. Pendekatan yang digunakan yaitu ex post facto. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif atau dengan kata lain memberi penilaian terhadap objek yang dikaji dan analisis inferensial agar sampel penelitian sampel dapat diberlakukan terhadap anggota populasi. Hasil penelitian setelah dilakukan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS ver. 21 for windows  diketahui nilai thitung sebesar 16,038 > ttabel sebesar 1, 668 sehingga variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self regulated learning   terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SMA Negeri 20 Gowa.


Kata Kunci


Self Regulated Learning; Hasil Belajar Bahasa Arab

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah .A. Enre, 1988. Pokok-Pokok LayananBimbingan Belajar; Ujung Pandang: FIP. IKIP Ujung Pandang.

Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Belajar; Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi ke 2; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cronbach, 1974. Educational Psykologi; New York: Hard Course Scance Press.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif; Bandung: CV. Yrama Widya.

Djamarah, Syamsul Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Fasikhah, S. S., dan Siti Fatimah. 2013. Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasisw; Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.

Gea. 2003. Relasi dengan Diri Sendiri; Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Gie, The Liang. 1994. Cara Belajar yang Efisien. Jilid I; Yogyakarta: Penerbit dan Percetakan Liberty.

Hidayat, dan Dede Rahmat. 2011. Psikologi Kepribadia dalam Konseling, Jakarta: Indeks.

Latipah, Eva. 2010. Strategi Self regulated learning dan Prestasi Belajar; Jurnal Psikologi : UIN Sunan Kalijaga.

Lawalata. MP, 1970. Psikologi Pendidikan; Ujung Pandang: FIP IKIP.

Maemun, Muhammad. 2008. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar di Rumah Dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN Wonokromo; Tesis; Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Mappa, Syamsu. 1997. Aspirasi Pendidikan dan Bimbingan Sosial Dalam Hubungannya Dengan Hasil belajar Murid; Ujung Pandang: IKIP.

Mudjiman, 2008. Belajar Mandiri; Surakarta: LPPUN dan UNS Pres.

Nasution .S. 1997. Psikologi Pendidikan; Bandung: Rosda Karya Offset.

Nugroho, 2004. Self regulated learning Anak Berbakat; Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa..

Ormord, J.E. 2009. Psikologi Pendidikan, Edisi keenam jilid 2; Jakarta: Erlangga.

Panen, Paulina. 1994. Belajar Mandiri: Mengejar di Perguruan Tinggi. PAU-PPAI; Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Rukman, Pallawa. 2001. Pengaruh Bakat, Minat, Motivasi dan NEM Terhadap Hasil belajar Siswa Teknik Mesin SMK BLPT Makassar, Makassar: Tesis PPs.

Rumini, Sri. 1995. Psikologi Pendidikan; Yogyakarta: UPP Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman AM, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. XI; Jakarta: Raja Grafindo Perasada.

Schunk, dkk. 2012. Learning Theories An Education Perspective (6th end). Translated by Hamidah. E dan Rahmat. F. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempegaruhinya; Cet.VI; Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar; Jakarta: Rajawali.

Soetoe. 1973. Psikologi Pendidikan, Cet . I; Jakarta: Dep. Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sukirman. 1997. Kemandirian, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa D2 PGSD IKIP Semarang, Tesis; Jakarta: Pascasarjana Universitas Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 1993. Psikologi Pendidikan ( Cet, VI ; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru; Cet. VI: Bandung Remaja Rosda Karya.

Winarno, Surachmad. 1989. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar; Bandung: Tasito.

Winkel. W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learning; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7125

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Shaut al Arabiyah telah terindex di :