Jurnal

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ad-Dawaa' Journal of Pharmaceutical Sciences?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN SUBMIT

Proses submit manuskrip secara umum adalah :

1. Penulis me-registrasikan diri pada registrasi akun

2. Untuk penulis yang telah registrasi dapat langsung login

3. Memasukkan manuskrip sesuai panduan submit manuskrip secara on line --> panduan registrasi dan submit artikel

4. Manuskrip ditulis sesuai panduan penulisan. Manuskrip dapat diketik dibuat dengan mengedit template.

5. Mengkonfirmasi telah men-submit ke sur-el : djps@uin-alauddin.ac.id, subjek : konfirmasi manuskrip. Masukkan juga nomor WA untuk memudahkan komunikasi

6. Tulisan yang telah masuk dapat dicek dengan cara --> https://bit.ly/2NcsPqS

7. Hanya tulisan yang sesuai template dan lengkap yang akan kami proses. Manuskrip jangan menyalin dari skripsi tanpa penyesuaian dengan template dan penambahan pembahasan yang terkait.

A guide for manuscript on line submit  --> https://bit.ly/2sy2udp


PANDUAN PENULISAN

Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang jelas, tata bahasa benar, tanpa kesalahan ketik. Naskah yang tidak memenuhi persyaratan minimal untuk tata bahasa Indonesia atau Inggris akan segera ditolak. Naskah dengan teks yang samar atau tidak terbaca atau dengan ilustrasi di bawah standar akan dikembalikan kepada penulis.

Ketik setiap bagian naskah dengan rapi dengan spasi dan margin sesuai template pada kertas A4. Naskah harus disusun secara berurutan sebagai berikut: Halaman judul, Abstrak Indonesia, Abstrak Bahasa Inggris, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih/Penghargaan, Referensi/Daftar Pustaka, Lampiran Tabel dan Gambar.

Paragraf disusun dengan model deduksi dan berhubungan dengan paragraf sebelumnya. Paragraf minimal tersusun tiga kalimat. Naskah dibuat dalam satu kolom. Buatlah kalimat yang jelas, lengkap dan ringkas. Gunakan sitasi yang disediakan oleh Microsoft word>> References>>Citations&Bibliography. Seluruh isi tulisan tidak menggunakan numbering atau bullet. Seluruh isi tulisan dibuat teks tanpa penomoran. Gunakan Heading 1, 2 atau 3yang tersedia dalam template.

Gunakan font Times New Roman dengan ukuran font sesuai template di seluruh naskah. Untuk penulisan zat kimia, sesuai keumuman dalam sistem penulisan rumus kimia. Untuk unit pengukuran, gunakan Sistem Satuan Internasional (SI) direkomendasikan: m (meter), g (gram), kg (kilogram), μg (mikrogram), l (liter), μl (mikroliter), dan ng/ml atau ppm, bukan ng.ml-1.

Halaman Judul berisi judul, nama masing-masing penulis dan superscript angka serta superscript bintang yang ditempatkan setelah nama penulis, afiliasi dan alamat afiliasi, kontak email, dan nomor yang dapat dihubungi. Superscript angka merujuk pada afiliasi dan superscript bintang merujuk pada kontak. Tidak diperlukan superscript angka jika hanya satu afiliasi.

Abstrak disusun terstruktur tidak melebihi 250 kata. Susunannya adalah: Tujuan, Metode, Hasil, dan Kesimpulan. Hindari singkatan dan referensi, dan jangan sertakan diagram/gambar.

Kata kunci ditulis dibawah abstrak, ketik 3-5 kata kunci atau frasa pendek yang sesuai untuk pengindeksan.

Pendahuluan seharusnya tidak menjadi tinjauan literatur yang luas meskipun tetap harus memberikan informasi latar belakang yang cukup bagi pembaca untuk memahami dan mengevaluasi hasil penelitian ini tanpa merujuk ke publikasi sebelumnya tentang topik yang sama.

Metode/Metodologi harus mencakup informasi teknis yang cukup untuk memungkinkan percobaan diulang. Detail prosedural yang telah dipublikasikan sebelumnya harus dirujuk dengan kutipan.

Hasil dan Pembahasan. Hasil harus dideskripsikan sesingkat mungkin dalam salah satu cara berikut: teks, tabel, atau gambar. Hindari penggunaan grafik yang luas untuk menyajikan data yang mungkin lebih ringkas atau lebih komprehensif disajikan dalam gambar atau tabel. Jumlah tabel dan gambar yang memungkinkan bisa digabungkan dapat disatukan untuk meringkas naskah. Pembahasan harus memberikan interpretasi hasil dan signifikansinya sehubungan dengan karya/penelitian/artikel lain yang telah diterbitkan sebelumnya. Seharusnya tidak ada pengulangan dari prosedur eksperimental atau pendahuluan.

Kesimpulan ditulis sebagai sebuah paragraf singkat yang merangkum temuan paling penting dari penelitian.

Ucapan Terima Kasih/Penghargaan dapat menjelaskan sumber dari segala dukungan keuangan, hibah, bantuan teknis, dan saran yang diterima.

Referensi/Daftar Pustaka. Tanggung jawab untuk keakuratan kutipan bibliografi sepenuhnya ada pada penulis. Kutipan literatur dalam teks harus disajikan dalam Nama dan Tahun (format APA tersedia dalam Microsoft word>> References>>Citations&Bibliography>>Style>>APA) dan Daftar Referensi terpisah setelah badan naskah. Referensi harus mencakup daftar penulis, judul artikel/Buku, Nama Jurnal, Penerbit untuk buku, tahun, nomor volume, nomor issue dan nomor halaman.

Contoh Jurnal

Patel, S., Srivastava, S., Singh, M. R., & Singh, D. (2018). Preparation and optimization of chitosan-gelatin films for sustained delivery of lupeol for wound healing. International Journal of Biological Macromolecules Volume 107 Part B, 1888-1897.

Hamzah, N., Nurmi, Mukhriani, & Ismail, A. (2019). Karakter Indeks Pengembangan Gelatin Taut Silang dengan Sukrosa Teroksidasi dan Glutaraldehid. ad-Dawaa' Journal of Pharmaceutical Sciences, 2(1), 22-28.

Contoh Buku

Supriyanto, S. E. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Neal, M. J. (2006). at Glance Farmakologi Medis Edisi 5. Surabaya: Erlangga.

Contoh Laporan/Report

Chinou, I. (2016). Assessment Report on Vitis vinifera L., Folium. London: European Medicines Agency, Science Medicine Health. Retrieved from https://www.ema.europa.eu/en/documents/herbal-report/draft-assessment-report-vitis-vinifera-l-folium_en.pdf

Sari, N. (2017). Penentuan Kadar Total Fenol dan Total Flavonoid dari Ekstrak Etanol Buah Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC.). Sumatra Utara: Repositori Institusi USU. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/12813/121501075.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Lampiran Tabel. Semua tabel harus diberi nomor secara berurutan (menggunakan angka Arab) dan dikutip dalam teks. Judul harus pendek tetapi deskriptif. Setiap tabel dapat disertai dengan legenda dan/atau catatan kaki yang diidentifikasi. Dalam tabel, unit biasanya dalam kurung mengikuti kuantitas.

Lampiran Gambar. Foto, gambar, diagram dan grafik harus diberi nomor dalam satu seri angka Arab yang berurutan sesuai urutan kutipannya dalam teks.

Catatan: Semua naskah harus dalam kolom tunggal.

Skrining untuk Plagiarisme. Naskah yang dikirim ke DJPS akan disaring plagiarisme menggunakan Turnitin. DJPS akan segera menolak NASKAH jika terdapat kesamaan 25 %.


 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)
Free of Charge