Memahami Struktur Sosial Keluarga Di Yogyakarta (Sebuah Analisa dalam Pendekatan Sosiologi: Struktural Fungsional)

Ahmad Shofiyuddin Ichsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur sosial keluarga di Yogyakarta dan mengetahui pendekatan Sosiologi dalam memahami hal tersebut. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dengan teori Struktur Fungsional Robert K. Merton. Teori Struktural Fungsional mencoba memandang realitas sosial sebagai hubungan sistem, yakni: sistem masyarakat, yang berada dalam keseimbangan, yakni kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling tergantung, sehingga perubahan satu bagian dipandang menyebabkan perubahan lain dari sistem. Objek dalam penelitian ini adalah keluarga di wilayah Yogyakarta, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam aspek sosial, dalam aspek struktural keluarga Yogyakarta terdapat tiga hal, yakni status sosial, fungsi sosial dan norma sosial. Sedangkan dalam konteks fungsionalnya setidaknya terlihat dalam deferensiasi peran, alokasi politik dan alokasi solidaritas.


Keywords


Struktur Keluarga; Sosiologi; Struktur Fungsional

Full Text:

PDF

References


Abidah, Ida Zahara, Struktural Fungsional Robert K. Merton, Jurnal Inspirasi Vol. 1 No.1 (Semarang: Undaris, 2017).

Goode, William J., Sosiologi Keluarga, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).

Nasution, Khoiruddin, Pengantar Studi Islam, (Jakarta: Rajawali Press, 2016).

Puspitawati, Herien, Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia, (Bogor: PT IPB Press, 2012).

Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005).

Soelaeman, MI, Pendidikan dalam Keluarga, (Bandung: IKIP, 1994).

Sanderson, Stephen K., Sociological Worlds: Comparative and Historical Readings on Society, (Chicago: Fitzroy Dearborn Publisher, 2000).

Supriyantini, Sri, Hubungan antara peran gender dengan keterlibatan Suami dalam kegiatan Rumah Tangga. (Sumut: Fakultas Kedokteran Program Studi Psikologi, Universitas Sumatra Utara, 2002).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.