Toleransi Antar Umat Beragama Islam dan Kristen Pada Masyarakat Kelurahan Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Andi Nirwana, Muhammad Rais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk toleransi antar umat beragama Islam dan Kristen di Kelurahan Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Serta mengetahui peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam membangun toleransi antar umat beragama pada masyarakat Kelurahan Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, bersifat deskriptif dan menggunakan beberapa pendekatan, mulai pendekatan sosiologi, teologi, dan fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa: Observasi, dokumentasi serta wawancara yang terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk toleransi antar umat beragama Islam dan Kristen pada masyarakat Kelurahan Paccinongang adalah terbuka menerima perbedaan dan saling menghormati serta saling membantu antar sesama penganut agama yang ada di lingkungan masyarakat. Adapun bentuk toleransi antar umat beragama yang sering terjadi yaitu kebebasan menjalankan ibadah tanpa mempengaruhi akidah masing-masing, juga sering adanya kerjasama bakti sosial seperti gotong royong dalam membangun sarana dan prasarana umum yang ada di lingkungan masyarakat serta interaksi sosial yang ada di masyarakat yaitu saling berbaur, berbagi dan berkomunikasi dengan masyarakat berbeda agama. Selain itu, peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam membangun toleransi antar umat beragama pada masyarakat Kelurahan Paccinongang yaitu dengan memberi pencerahan atau arahan tentang pentingnya menjaga sikap toleransi dalam satu lingkungan yang berbeda agama. Tokoh agama dan tokoh masyarakat adalah agen perubahan umat.

Keywords


Toleransi; Sikap Beragama; Saling Menghormati

References


Al Qur’an dan Terjemahan.

Aisyah. Persepsi Tokoh-tokoh Agama Tentang Toleransi Antar umat Beragama Dan Implementasinya di Kota Makassar. Disertasi. Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2015.

Al Munawar, Said Agil Husin. Fikih Hubungan antar Umat Beragama. Jakarta: Ciputat Press. 2005.

Al Qardhawi, Yusuf. MInoritas Non muslim di dalam Masyarakat Islam. Penerjamah Muhammad Baqir. Bandung: Mizan. 1985.

Ali, H. M dkk, Islam untuk Disipiln Ilmu Hukum Sosial dan Politik. Jakarta: Bulan Bintang. 1980.

Ali, Muhammad. Teologi Pluralis Multikultural: Menghargai Kemajemukan Menjalin Kebersamaan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. 2003.

Beding, Marcel, dkk. Gereja Indonesia Pasca Vatikan II, Kanisius; Yogyakarta. 1997.

Boisard, Marcel A, Humanisme dalam Islam,.Jakarta: Bulan Bintang. 1980.

Cassanova, J. Public Religions In The Modern World. Chicago: Chicago University Press. 2008.

Enre, Abdullah Ambo. Pendekatan Psikologi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Pustaka Timur, 2006.

Hasyim, Umar. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Beragama, Sejarah Toleransi dan Intoleransi Agama dan Kepercayaan Sejak Zaman Yunani. Surabaya: Bina Ilmu. 1973.

Hidayat, Komaruddin. Menafsirkan Kehendak Tuhan. Bandung: Mizan. 2003.

Parekh, Bikhu. Rethinking Multiculturalism; Cultural Diversity and Political Theory. New York: Palgrave Macmillan. 2005.

Proctor, James. D. Science, Religion and the Human Experience. New York: Oxford University Press. 2005.

Quraish, M.,Shihab, Tafsir al-Misbah, pesan, kesan dan keserasian al-Qur’an Cet. I; Jakarta: Lentera Hati. 2002.

Rizqi, Muhammad, Peran Tokoh Agama dalam Membina Akhlakul Karimah Ibu-Ibu Buruh Tani Umur 30-50 Tahun di Desa Karang kerta Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 2015.

Ruslani, Masyarakat Dialoq Antar Agama, Studi atas Pemikiran Muhammad Arkoun. Yogyakarta: Yayasan Bintang Budaya. 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Al-Adyaan: Jurnal Sosial dan Agama is indexed by:

  

ISSN Online :  2722-7472

ISSN Printed :  2407-6880

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Phone: (0411) 841879 Fax: (0411) 8221400

Email: -