Pemikiran Muhammad Awwamah Seputar Keragaman Pendapat Para Pakar Fikih Tentang Hadis Rasulullah

Mardan Mardan

Abstract


Menurut Muhammad Awwamah, setiap Muslim penting untuk mengetahui keragaman pendapat para Imam Mujtahid, baik melalui analisa ilmiahnya maupun melalui amaliahnya. Karena dengan itu, umat Islam memperoleh hikmah bagaimana ketelitian dan kecemerlangan pengetahuan mereka, bagaimana mereka menarik suatu simpulan hukum dari sumber utamanya, yaitu Alquran dan sunnah Nabi saw. Dalam menelaah Alquran dan sunnah Nabi saw;  selain kecerdasan juga faktor ketenangan, ketenteraman, dan kebahagiaan hidup itu, mengundang kemampuan strategis, sehingga simpulan hukum yang dihasilkannya dapat tampak dalam realitas kehidupan, bahwa memang agama Islam adalah kebenaran dari Allah dan menjadi rahmat bagi alam semesta, mengantarkan hidup manusia maju, sejahtera, damai, dan bahagia dunia dan akhirat. Keragaman pendapat para imam mujtahid itu merupakan jalan masuk menuju berbagai aspek ijtihad.

Keywords


Awwamah; Pakar Fikih; Hadis Rasulullah

References


Al-Qur'ân al-Karîm.

Abdullah, Amin. Falsafah Kalam di Era Post-modernisme. Yograkarta: Pustaka Pelajar, 1995.

Abu Yusuf, Ya'qub bin Ibrahim. al-Ra'd 'Ala Siyar al-Auzâ'iy. Kairo: Dâr al-Fikr, 1938.

Adlabiy, Salâh al-Dîn Ibnu Ahmad. Manhaj Naqd al-Matn. Baerut: Dâr al-'Afaq al-Jadîdah, 1983.

Al-Khatib, Târikh al-Bagdâd, jilid II. Al-Qâhirah: Dâr al-Wafâ' wa al-A'lâm, 1986.

Anderson. Islamic Law in The Muslim World. New York: University of Chicago Press, 1997.

Bahnasawiy, Salim 'Aliy. al-Sunnah al-Muftara' 'Alayha'. Mishr: Dâr al-Buhûs al-Timiyyah, 1979.

Hosen, Ibrahim. Fiqh Perbandingan: Dalam Masalah Nikah, Thalaq, Rujuk, dan Hukum Kewarisan, Jilid I. Cet.I; Jakarta: Yayasan Ihya'Ulumuddin Indonesia, 1971.

Imâm al-Bukhâriy. Sahîh al-Bukhâriy, Jilid III. Cet.I; Beirut-Libnan: Dâr al-Kutub al-'Ilmiyyah, 1992.

Ismail, M. Syuhudi. Kaidah Kesahihan Sanad Hadis: Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah. Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1988.

Morris Rosenberg. The Logic of Survey Analysis. Maryland-New York: Basic Books, Inc. Publishers, 1968.

Muhammad Awwamah. Asar al-Hadîs al-Syarîf fî Ikhtilâf A'immah al-Fuqahâ' , diterjemahkan oleh A. Syinqithy Djamaluddin dengan judul Hadis Rasulullah & Keragaman Pendapat para Pakarnya. Cet.I; Surabaya: CV. Amarpress, 1990.

Muhammad Mustafa Azami. Dirâsât fî al-Hadîs al-Nabawiy wa Târîkh Tadwîniy, diterjemahkan oleh H. Ali Mustafa Ya'kub, M.A. dengan judul Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya. Cet.I; Jakarta: PT. Pustaka Firdaus, 1994.

Mustafâ' al-Sibâ'iy. al-Sunnah wa Makânatuhâ fî al-Tasyrî al-Islâmî. al-Qâhirah : Min al-Syarq wa al-Garb, 1368 H./1949 M.

Nasution, Harun. Ensiklopedi Islam Indonesia. Cet.I; Jakarta: Penerbit Djambatan, 1992.

Nawâwiy, Abu Zakariya Yahya bin Syaraf.. al-Taqrîb li al-Nawâwiy Fann Usûl al-Hadîs. al-Qâhirah: 'Abd al-Rahmân, 1973.

Nourouzzaman Shiddiqi. Tamaddun Muslim: Bunga Rampai Kebudayaan Muslim. Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1988.

Qardawi, Yusuf. Kayfa Nata'âmal ma'a al-Sunnah al-Nabawiyyah Ma' âlim wa Dawâbit. Mishr: Dâr al-Basyîr li al-Saqâfah wa al-'Ulûm al-Islâmiyyah, 1994 M.

Saifuddin al-Āmidiy. al-Ihkâm fi Usûl al-Ahkâm, Juz IV. al-Qâhirah: Dâr al-Hadîs, 1996.

Syaikh Muhammad al-Gazâli. al-Sunnah al-Nabawiyyah Baina Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Hadîs, diterjemahkan oleh Muhammad al-Baqir dengan judul Studi Kritis atas Hadis Nabi saw.: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual. Cet.VI; Bandung: Penerbit Mizan, 1998.

Syaukâniy, Muhammad Ibnu 'Ali. Irsyâd al-Fuhûl ila Tahqîq al-Haqq min 'Ilm al-Usûl. Beirut: Dâr Mushthafa al-Bâb al-Halabi wa Aulâduhu', 1987.

Wahbah al-Zuhaili. Usûl al-Fiqh al-Islâmiy, Juz II. al-Qâhirah: Dâr al-Fikr, 1987.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.