Author Guidelines

Ruang Lingkup

Jurnal Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar yang berisi artikel-artikel kedokteran dan kesehatan yang terintegrasi dengan Islam dalam bidang promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Tulisan hendaknya dapat memberi informasi baru, menarik dan memperluas wawasan para praktisi di bidang kesehatan. Artikel yang diterima untuk dipublikasikan harus memenuhi syarat naskah sesuai ketentuan Jurnal Alami, asli, dan belum pernah diterbitkan sebelumya dalam jurnal apapun. Jika artikel telah diterima untuk dimuat dalam Jurnal Alami, maka artikel tersebut tidak diperkenankan untuk diterbitkan lagi dalam jurnal, majalah atau media lainnya.

Bentuk Naskah

Naskah disusun menggunakan bahasa Indonesia, diketik spasi 1,5 dengan garis tepi minimum 2,5 cm. Panjang naskah 8 -12 halaman yang dicetak pada kertas A4 (21X30 cm).

Judul dan Nama Pengarang

Judul ditulis lengkap dan jelas, tanpa singkatan. Jenis hruf Book Antique, ukuran font 13, bold UPPERCASE, italic & center, jarak 1 spasi.

Nama pengarang (atau pengarang-pengarang) ditulis lengkap, institusi tempat pengarang bekerja, dan alamat pengarang serta nomor telpon, fax, atau e-mail untuk keperluan korespondensi dengan urutan dari atas ke bawah berupa penulis utama, penulis kedua, dan seterusnya. Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, Italic, jarak 1 spasi

Abstrak

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 10, jarak 1 spasi.

Ditulis pada halaman pertama di bawah nama dan institusi. Panjang abstrak 150-200 kata, dengan urutan serta jumlah kalimat yang proporsional yang terdiri atas a) Latarbelakang (1 kalimat), b) Tujuan penelitian (1 kalimat), c) Metodologi (4-5 kalimat), d) Hasil penelitian (5-7 kalimat), dan Kesimpulan (1 kalimat). Di akhir abstrak, disertakan kata kunci sebanyak 4 sampai 8 kata.

Pendahuluan

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, dengan panjang 3-5 paragraf. Berisi latar belakang dan tujuan penelitian secara ringkas dan padat. Landasan teori tidak perlu dimasukkan, namun bisa dimasukkan penelitian sejenis yang mendukung.

Bahan dan Metode

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, sepanjang 1-2 paragraf, berisi :

  1. lokasi penelitian,
  2. Populasi dan sampel,
  3. Pengumpulan data, dan
  4. Analisis data. Bagian bagian lainnya bisa ditambahkan sesuai dengan keperluan.

Hasil Penelitian

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, Penyajian hasil penelitian dilakukan dalam  bentuk narasi, tabel, atau gambar. Dalam penyajiannya harus dimulai dengan narasi dulu, kemudian diikuti dengan tabel atau gambar untuk memperjelas apa yang dikemukakan dalam narasi. Narasi cukup memberikan penjelasan singkat tentang isi tabel atau gamba, tidak perlu mengulang seluruh isi tabel atau gambar.

Tabel dan Gambar

Jumlah tabel dan gambar maksimal 5 buah dan diletakkan di bagian akhir tulisan. Seluruh gambar/ tabel/bagan/grafik diberikan nomor secara berurutan sesuai urutan kemunculan di dalam artikel. Keterangan gambar dituliskan di bawah dan keterangan tabel dituliskan di atas (tabel dengan format tabel terbuka). Gambar/tabel/bagan/grafik perlu dibuat dengan jelas disertai judul yang informatif. Setiap tabel atau gambar harus dapat menjelaskan dirinya sendiri.

Judul tabel ditulis dengan huruf Times New Roman dengan font 12, bold (awal kalimat huruf besar) dengan jarak 1 spasi. Antara judul tabel dan tabel diberi jarak 1 spasi. Setiap tabel harus diketik dengan spasi 1, font 10.

Pembahasan

Merupakan bagian yang tak kalah pentingnya, membahas hasil utama yang diperoleh dan membandingkan dengan hasil-hasil atau apa yang dipahami sebelumnya. Pembahasan juga menjelaskan mengapa terjadi hasil seperti itu, apakah memang secara fisiologis, ataukah bertentangan. Jika bertentangan, hendaknya dijelaskan kemungkinan penyebabnya.

Pembahasan juga berisi tentang keterbatasan penelitian, termasuk kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada desain penelitan maupun keterbatasan di lapangan.

Jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi, maksimum 3 halaman.

Kesimpulan dan Saran

Merupakan jawaban dari tujuan, jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, jarak 1,5 spasi.

Daftar Pustaka

Hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk. Sehingga referens iyang dimasukkan bisa ditemukan pada bagian-bagian sebelumnya. Rujukan di dalam teks naskah ilmiah harus disusun menurut angka sesuai dengan urutan penampilannya dalam naskah, dan ditulis menurut sistem Vancouver. Batas akhir data kepustakaan menjadi tanggung jawab pengarang. Adapun beberapa contoh penulisan referensi adalah sebagai berikut:

  •  Jurnal

Semua nama pengarang dituliskan bila kurang dari tujuh; bila tujuh atau lebih, tuliskan hanya 3 pengarang pertama dan akhir.

  • Naskah dalam majalah / jurnal

Vandenplas Y & Hegar B. Soy-based infant nutrition: a review. Paediatr Indones J 2014;54: 62-6.

  • Organisasi sebagai pengarang utama

Direktorat Jendral PPM & PLP, Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman pengobatan malaria. Medika 1993; 34:23-8.

  • Tanpa nama pengarang

Imaging of sinusitis [editorial]. Ped Infect J 1999; 18:1019-20.

  • Suplemen

Solomkin JS, Hemsel DL, Sweet R, dkk. Evaluation of new infective drugs for the treatment of intraabdominal infections. Clin Infect Dis 1992; 15 Supl 1: 533-42.

  • Buku dan Monograf
  • Penulis pribadi

Bannister  BA,  Begg  NT,  Gillespie  SH.  Infectious  Disease.  edisi  pertama. Oxford:Blackwell Science; 1996.

  • Penulis sebagai penyunting

Galvani DW, Cawley JC, Penyunting. Cytokine therapy. New York: Press Syndicate of the university of Cambridge; 1992.

  • Organisasi sebagai penulis dan penerbit

World bank. World development report 1993: investing in health. New York: World Bank; 1993.

  • Bab dalam buku

Loveday C. Virology of AIDS. Dalam: Midel A, Miller R, editor. AIDS, a pocket book of diagnosis and management. Edisi kedua. London: Arnold holder Headline Group 1996. h.19-41.

  • Prosiding konferensi

Kimura J, Shibasaki H, editor. Recent advances in clinical neurophysiology. Prosiding dari  the  10th  International  Congres  of  EMG  and  Clinical  Neurophysiology;  Kyoto, Jepang; 15-19 Oktober 1995. Amsterdam: Elsevier; 1996.

  • Naskah konferensi

Bengstone  S,  Solheim  BG.  Enforcement  of  data  protection,  privacy  and  security  in medical informatics. Dalam: Lun KC, DegoultetP, Piemme TE, Reinhoff O, editor. MEDINFO 92. Prosiding the 7th World Congress on Medical Informatics: Sep 6-10,1992; Genewa, Swiss. Amsterdam: North Holland; 1992: 1561-5.

  • Laporan ilmiah

Akutsu  T.  Total  heart  replacement  device.  Bethesda:  National  Institutes  of  Health,National Heart and Lung Institutes; 1974 Apr. Report No: NHH-NHL 1-69-2185-4.

  • Disertasi

Ridha NR. Peran Hepcidin terhadap gangguan homeostasis besi pada inflamasi akibat obesitas  pada  anak  (Kajian  Patomekanisme  gangguan  homeostasis  besi  pada  anak obesitas) [disertasi]. Makassar: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, 2013.

  • Publikasi Lain

Naskah dalam Koran
Bellamy C. Gizi bayi adalah investasi masa depan. Kompas 26 Januari 2000; hal 8 kolom 7-8.

  • Naskah dari audiovisiual

AIDS epidemic: the phisycian's role [rekaman video]. Cleveland, 1987.

  • Naskah belum dipublikasi (sedang dicetak)

Sebodo T. Response of plasma and yeast-derived hepatitis vaccines in Children. Paediatr Indones, In press 2002.

  • Naskah jurnal dalam bentuk elektronik

Morse SS. factors in the emergence of infectious diseas. Emerg Infect Dis [serial online] Jan-Mar    1995    [cited    5    Jan    1996];    1910:    [24    screen].    Didapat    dari: URL:http://www.cdc.gov/ncidod/EID/eid.htm.

  • Monograf dalam format elektronik 

CDI. Clinical dermatology illustrated [monograph pada CD-ROM]. Reeves JRT, Maibach H,CMEA Multimedia Group, produser, edisi ke-2. versi 2.0 San Diego: CMEA;1995

  • Naskah dari file computer

Hemodynamics III: the ups and downs of hemodynamics [program komputer]. Versi 2.2. Orlando (FL); Computerized Educational System;1993.

 

FORMAT LAPORAN KASUS  

Abstrak

Ringkasan kasus  

Kata kunci

2 – 5 kata

Latar belakang

Latar belakang penyakit

Latar belakang pasien

 

Keluhan utama dan keluhan penyerta

Diagnosis dan penilaian penting

Langkah diagnosis

Temuan diagnosis

Tatalaksana

Terapi yang diberikan

Konsultasi yang dilakukan dan rekomendasinya

Bagaimana respon terapi

Follow up & outcome

Hasil akhir terapi

Apakah ada efek samping/konsultasi

Bagaimana kepatuhan pasien terhadap terapi yang diberikan

Diskusi

Pilihan terapi

Nilai novel pada laporan kasus

Kesimpulan

Kesimpulan kasus

Nilai pembelajaran pada kasus ini

Informed consent

Informed consent pasien

 

  1. Halaman judul
  2. Judul
  3. Times new roman size 12, hitam
  4. Title Page, Contributors' Statement Page, Abstract, Acknowledgments, and 
References spasi 1
  5. Abstrak 150 - 250 kata
  6. Artikel 1600 kata
  7. Referensi dalam bentuk vancouver

Artikel  dapat  dikirimkan  kepada  Jurnal  Alami  melalui  email kepada:  alamijournal@uin-alauddin.ac.id . Hanya artikel yang telah dinyatakan lolos seleksi yang akan dimuat dalam Jurnal Alami.