EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Murlia Murlia, Rosdiana Rosdiana, Siti Zuhaerah Thalhah, Munawarah Munawarah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika pada materi trigonometri siswa sebelum penerapan model pembelajaan quantum teaching, pemahaman konsep matematika pada materi trigonometri siswa setelah penerapan model pembelajaan quantum teaching, dan model pembelajaran quantum teaching efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi trigonometri siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model one-group pre-test - post-test design yang terdiri dari dua tahap yaitu siswa diberikan tes sebelum diberi perlakuan (pre- test) dan diberikan tes setelah diberi perlakuan (post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen dalam bentuk uraian yang jumlahnya 4 soal terdiri dari pre-test dan post-test. Kemudian yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palopo. Hasil penelitian berdasarkan data hasil pre-test siswa menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsepnya masih dibawah rata-rata atau 48.25% dengan kategori kurang, sedangkan setelah melakukan model pembelajaran quantum teaching dengan memberikan post-test terlihat pemahaman konsep siswa di atas rata-rata atau 84.25% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi trigonometri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palopo.

 

Abstract

This study aims to understand: Understanding of mathematical concepts in the trigonometric material of students before applying the learning models for quantum teaching models. Understanding of mathematical concepts in the trigonometry material of students after the application of quantum teaching learning models. This research is an experimental study with one-group pre-test model - post-test design consisting of two students who are given a test before being given training (pre-test) and given a test after being given training (post- test). The instrument used in this study was an instrument in the form of a description inviting 4 questions consisting of pre-test and post-test. Then the subjects in this study were students of class XI of SMA Negeri 2 Palopo. The results of the study are based on students 'pre-test results showing the level of concept understanding is still below average or 48.25% with less categories, whereas after conducting a quantum learning model of teaching by giving a post-test it appears that students' concept understanding is above average or 84.25% with a high category. The quantum learning model is effective for improving understanding of mathematical concepts in the trigonometry material for grade XI students of SMA Negeri 2 Palopo.


Keywords


quantum teaching, pemahaman konsep, trigonometri

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, M. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII MTsN Balang-balang Kab. Gowa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8514/

Ali Hamzah, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anas & Fitriani. (2018). Penerapan model pembelajaran react dalam peningkatan pemahaman konsep siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.338

Daryanto & Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Desrianti, D. (2019)."Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP/MTs”. https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/7231/1/SKRIPSI%20%28WORD%20 GABUNGAN%29.pdf.

Dwiyani, M, dkk. “Efektifitas pembelajaran matematika dengan model quantum teaching (qt) ditinjau dari kreativitas belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Turi”. http://repository.upy.ac.id/267/1/Artikel%20Monita%20Dwiyani%20%2811144 100135%29.pdf.

Hasnaeni. (2013). Penerapan strategi pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Madani UIN Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa (UIN Alauddin Makassar). Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2414/1/HASNAENI.pdf.

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dalam perkuliahan aljabar matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etno-matnesia/article/view/2438.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/6928/

Murizal, Angga, dkk. (2012).“Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching,” jurnal pendidikan matematika 1, no. 1 (2012).

Ningrum, R. S. (2017). Pengaruh penerapan model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Universitas Lampung Bandar Lampung.

Porter et. al., B. De. (2000). Quantum Teaching Orchestrating Student Succes. Boston: Allyn and Bacon.

Santoso, F. (2015). Efektivitas penerapan quantum teaching terhadap hasil belajar elektronika dasar pada siswa kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMK Negeri 1. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, 4(8). Retrievedfrom http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/elektro- nika/article/view/2058

Setianingrum, A. (2013)."Keefektifan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampan berfikir kreatif peserta didik pada materi pokok segiempat, oleh: Aprilia Setianingrum4101409073.pdf,” diakses 3 September 2018, http:// lib.unnes.ac.id/ 18960/ 1/ 4101409073.pdf.

Thobroni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1). https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3455

Yasmin, S. (2019)." Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self-efficacy siswa Sekolah Menengah Pertama". http://repository.uin-suska.ac.id/25263/2/ SKRIPSI%20SYIFA%20YASMIN.pdf.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbitan STAIN (LPS) STAIN Palopo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats