ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI KEPADA DOSEN MELALUI SMARTPHONE

Audah Mannan

Abstract


Penelitian ini berjudul etika komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu komunikasi fakultas dakwah dan komunikasi kepada dosen melalui smartphone, penelitian ini bertujuan; 1. Untuk mengetahui etika komunikasi interpersonal mahasiswa Ilmu komunikasi fakultas dakwah dan komunikasi dengan  dosen melalui smartphone 2.Untuk mengetahui Faktor-faktor menyebabkan kurangnya etika komunikasi  mahasiswa Ilmu komunikasi fakultas dakwah dan Komunikasi dalam berkomunikasi dengan dosen.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan etika komunikasi interpersonal  mahasiswa ilmu komunikasi fakultas dakwah dan komunikasi kepada dosen melalui smartphone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komunikasi Interpersonal. Sumber Data Primer dalam penelitian ini adalah dosen di jurusan ilmu komunikasi penentuan subjek dalam penelitian diambil secara purposive sampling. Data sekunder dalam penelitian ini berasal dari berbagai literatur yang berhubungan dengan etika komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu komunikasi fakultas dakwah dan komunikasi kepada dosen melalui smartphone. pengumpulan data dalam penelitian ini adalah; Metode Observasi, Metode wawancara (interview) Dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis ke dalam tiga langkah, yaitu : Triangulasi, Reduksi Data, Penarikan Kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Etika komunikasi interpersonal mahasiswa kepada dosen melalui smartphone; menunjukkan bahwa etika interpersonal mahasiswa dalam berkomunikasi dengan dosen melalui smartphone, sebagian besar dianggap tidak beretika dan tidak sopan disebabkan karena tidak mengikuti tata aturan tutur kata yang baik dan etis. Selain tidak mencantumkan identitas dan terkadang isi pesannya cenderung to the point. Mahasiswa tanpa basa-basi menunjukkan keperluannya dan tidak memikirkan kondisi dosen pada saat itu. Mahasiswa tidak menempatkan diri sebagai mahasiswa yang sedang berhadapan dengan dosen sebagai orang yang layak dihormati dan dihargai. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya etika komunikasi interpersonal mahasiswa yang cenderung tidak beretika dan tidak sopan itu disebabkan oleh faktor  dari dalam diri mahasiswa itu sendiri dan ketidaktahuan dengan berbagai tata aturan komunikasi yang baik. Faktor dari menurunnya etika dari mahasiswa disebabkan faktor eksternal seperti pengaruh dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan dan lingkungan sosial serta pengaruh globalisasi.

Full Text:

PDF

References


Amin, Ahmad, Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta: Bulan Bintang, 1993

AW, Suranto, Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011

Binarso, Al Hakim F, Sistem pendukung keputusan Metode SAW, Semarang: Universitas Diantoro, 2014

Effendi, Onong Uchyana, Komunikasi, Teori dan Praktek Bandung Remaja Rosda Karya, 2009

Haris,Abd. Pengantar Etika Islam Sidoarjo: Al-Afkar, 2007

Hartono, Daniel dkk, Menggunakan Smartphone/PDA lebih Optimal, Bandung: Informatika, 2008

Keraf, Sony A., Etika Bisnis membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur, Jakarta: Kanisius, 1991

Khoirunnisa , Pengaruh Twitter Ridwan Kamil Terhadap Sikap Followers., 2014

Liliweri, Alo, Komunikasi Antar Pribadi Bandung: Citra Aditya Bakti, 1991

Mahjuddin, Akhlak Tasawuf I Mu’jizat Nabi, Karamah Wali dan Ma’rifah Sufi Jakaarta: Kalam Mulia, 2009

Mujib, Abdul, et.al., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana, 2006

Mulyana, Dedy, Komunikasi Populer, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2000

Muntholi'ah, Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PA,I Cet.1, Semarang : Gunungjati, 2002

Mustansyir,Rizal dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000

Poerwanto, Hari, Kebudayaan dan lingkungan dalam Perspektif Antropologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Rahmaniyah,Istighfarotur, Pendidikan Etika Konsep Jiwa dan Etika Perspektif Ibnu, Malang: Aditya Media, 2010

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 19993

Reed, Balake H dan Haroldsen, Taksonomi Konsep Komunikasi, Surabaya: Penerbit Papyrus, 2003

Sagala, Syaiful, Etika dan Moralitas Pendidikan; Peluang dan Tantangan Jakarta: Kencana, 2013

Sendjaja Sendjaja, S.D., Teori Komunikasi Jakarta: Universitas Terbuka, 1994

Suharsono dan Lukas Dwinantara, Komunikasi Bisnis (Peran Komunikasi Interpersonal) Jakarta: PT. Buku Seru, 2013

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005

Suresh, Jayshare & Raghavan, B.S. Professional Ethics: Values andEthics of Profession. New Delhi: S. Chand & Company Ltd, 2005

Syukur,Amin, Pengantar Studi Islam Semarang: Pustaka Nuun, 2002

Utama, Jacob, Sejarah Media dari Gutenberg sampai Internet (Jakata: Yayasan Obor Indonesia, 2006

Vivian,John Teori Komunikasi Massa )The Media of Mass Communication, Edisi VIII, Terjamahan Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Widjaja, H. A., Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Zubair, A. Charris, Kuliah Etika Jakarta Raja Grofindo Persada, 1995.




DOI: https://doi.org/10.24252/aqidahta.v5i1.10062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Aqidah-Ta; Jurnal Ilmu Aqidah is indexed by:

        

ISSN Online :  2615-3130

ISSN Printed :  2477-5711

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Phone: (0411) 841879 Fax: (0411) 8221400

Email: aqidah-ta@uin-alauddin.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License View My Stats