GERAKAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: MAJELIS TAKLIM AL-MU’MINAT

Muliaty Amin, A. Marjuni, Dewi Azharia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gerakan majelis taklim al-Mu’minat sebagai gerakan sosial keagamaan perspektif pendidikan Islam di Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, (2) gerakan dakwah majelis taklim al-Mu’minat perspektif pendidikan Islam di Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, (3) faktor pendukung dan penghambat majelis taklim al- Mu’minat sebagai gerakan sosial  keagamaan perspektif pendidikan Islam di Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, (4) solusi mengatasi hambatan majelis taklim al-Mu’minat sebagai gerakan sosial keagamaan masyarakat perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa gerakan majelis taklim al-Mu’minat sebagai gerakan sosial keagamaan masyarakat perspektif pendidikan Islam membantu jamaah atau masyarakat dalam memahami al-Quran dan hadis dengan baik dan benar. Diharapkan, pengurus majelis taklim al-Mu’minat sebaiknya menggunakan kurikulum dan metode pendidikan Islam yang sesuai dengan kebutuhan jamaah agar menciptakan jamaah yang interaktif, kreatif, inovatif, aktif, dan menyenangkan serta menciptakan masyarakat yang cerdas dan bertakwa kepada Allah Swt.

Abstract

This study aims to find out: (1) the al-Mu'minat taklim assembly movement as a social-religious movement in the perspective of Islamic education in Macanang Sub-District, Tanete Riattang Barat District, Bone Regency, (2) the al-Mu'minat taklim assembly movement a perspective of Islamic education in the Macanang Village, Tanete Riattang Barat District, Bone Regency, (3) the supporting and inhibiting factors of the al-Mu'minat taklim as a social-religious movement in the perspective of Islamic education in the Macanang Subdistrict, Tanete Riattang Barat District, Bone Regency, (4) islamic education perspective community. The type of research used is qualitative using a phenomenological and sociological approach. The results of the study show that the al-Mu'minat taklim assembly movement as a socio-religious movement in the perspective of Islamic education helps pilgrims or the public to understand the Koran and hadith properly and correctly. It is hoped that the board of taklim al-Mu'minat should use the curriculum and methods of Islamic education that are in accordance with the needs of pilgrims to create worshipers who are interactive, creative, innovative, active and fun and create intelligent and fearful societies to Allah Swt.


Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2000). Memperkuat Kelembagaan Masjid, Madrasah, dan Koperasi Jakarta: Yayasan Amal Shaleh Akkajeng (YASKA).

Aziz, R. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Cet. I; Gowa: Pustaka Almaida.

Getteng, A. R. (2011). Pendidikan Islam di Sulawesi Selatan: Tinjauan Historis dari Tradisional ke Modern Cet. I; Makassar: Alauddin University Press.

Hasanuddin. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Makassar: Alauddin University Press.

Kementrian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan. (2007). Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pendalaman Ajaran Agama Melalui Majelis Taklim Cet. I; Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Cet. IV; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusmanto, Thohir Yuli. (2017). Gerakan Sosial Keagamaan pada Komunitas Urban: Studi Kasus Gerakan Pengajian Ahad Pagi Bersama di Palebon, Pedurungan, Kota Semarang. Jurnal Sosiologi Walisongo, 1(1).

Masri, A. R. (2012). Perubahan Sosial Efektivitas komunikasi dan Dakwah Makassar: Alauddin University Press.

Muhsin., M. K. (2009). Manajemen Majelis Taklim: Petunjuk Praktis Pengelolaan Dan Pembentukannya Cet. I; Jakarta: Pustaka Intermasa.

Munawir, & Ahmad W. (2007). Al-Munawir Kamus Bahasa Indonesia Cet. XIV; Yogyakarta: Pustaka Progresif.

Sukmadinata, S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24252/aqidahta.v4i2.6883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Aqidah-Ta; Jurnal Ilmu Aqidah is indexed by:

      

ISSN Online :  2615-3130

ISSN Printed :  2477-5711

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Phone: (0411) 841879 Fax: (0411) 8221400

Email: aqidah-ta@uin-alauddin.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License View My Stats