FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENGRAJIN INDUSTRI BATU TATAKAN MUTIARA GUNUNG DESA LEMPANG KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

Sitti Aisyah, Rini Asrawati Aras

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, harga jual, dan pemasaran terhadap pendapatan pengrajin batu tatakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masyarakat desa lempang yang bermata pencaharian sebagai pengrajin batu tatakan. Total sampel berjumlah 96 pengrajin dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data yang digunakan yaituregresi linear berganda dengan aplikasi eviews 9.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha dan pemasaran berpengaruh positif terhadap pendapatan pengrajin batu tatakan, sedangkan harga jual berpengaruh negative terhadap pendapatan pengrajin batu tatakan di Desa Lempang Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Kata Kunci


Pendapatan; Modal Usaha; Harga Jual; Pemasaran; Industri Rumah Tangga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Ridha dan Suraiya Putri, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Kerajinan Tas Aceh di Desa Ulee Madon Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, Jurnal Samudra Ekonomika, Vol 1, No.1 (2017)

Blocher, dkk. Manajemen Biaya, diterjemahkan oleh Susty A. Ambarsiani Jakarta: Salemba Empat. (2000)

Dumairy, Prinsip-prinsip Ekonomi. Jakarta: Erlangga. (2006)

Eka Putri Hidayati dan Yoyok Soesatyo, Pengaruh Modal Kerja dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Kerajinan Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Jurnal Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Ekatherina O.K. Analisis Pengaruh Harga Jual Produk Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT. Mega Eltra (Persero) Cabang Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara. (2008)

Hendro, Dasar-Dasar Keirausahaan : Panduan Bagi Mahasiswa Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis Jakarta: Erlangga. (2011)

Kartika Pangayoman dan Luthfi Muta’ali, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kerajinan Marmer Di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.16, No.2,

Muhammad Sharif Chaudry, Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, (2012).

Ni Luh Sili Antari, Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, dan Remitan Terhadap Pengeluaran Konsumsi Pekerja Migran Nonpermanen Di Kabupaten Bandung (Studi Kasus Pada Dua Kacamatan Di Kabupaten Bandung). Jurnal Ekonomi (Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. (2008)

Oentoro, Deliyanti SE.,MM. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. (2012)

Pratama Rahardja dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar (Jakarta: Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (2016)

Soesarsono Wijandi, Pengantar Kewirausahaan, Cet.IV (Bandung: Sinar Baru Algesindo, (2004)

Sukirno, Sadono Mikroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada. (2006)

----------. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (1999)

Yuliana RiniHardantidan Josephine Wuri, Peranan Industri Kecil Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Kasus Pada Industri Kerajinan Batik Kayu Di Dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Jurnal Kinerja, Vol. 10, No. 2, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (2006)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.