EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DISPENDA MAROS

Suhartono ., Nurul Ariska, Rezky Endriyani, Riskawati .

Abstract


Pajak merupakan sumber penerimaan Negara Indonesia yang sangat besar kontribusinya dalam membiayai kebutuhan belanja negara dan pembangunan nasional, yang tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Berangkat dari fenomenan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan sistem pengendalian manajemen pada pemungutan pajak kendaraan bermotor di Dinas Pendapatan Daerah Sulawesi Selatan telah efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan dengan metode literature review untuk menghimpun referensi terkait pemungutan pajak di kabupaten maros itu sendiri Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor  yang sudah seharusnya dianggap efektivitas.

Keywords


Sistem Pengendalian Pajak

Full Text:

PDF

References


Anwar, Khaeril. 2014. Analisis Kontribusi dan Potensi Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin

Dirlantas Polda Sulsel. 2014. Mobil Baru Padati Makassar. jppn.com, (online), (http://www.jpnn.com/read/2014/05)/03/232102/6.099-Mobil-Baru-Padati-Makassar, diakses 27 April 2015).

Yona Bella Fauzana (2017), Analisis Sistem Pengendalian Internal Prosedur Pemungutan Dan Perhitungan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Pada Dinas Pendapatan Upt

Medan. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi

Hasannudin. dan Wokas, Heince. R. N. 2014. Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Maluku Utara. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sam Ratulangi.

Hafsah (2016), “Efektivitas Pengendalian Intern Penerimaan Pajak Bumi Bangunan Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Medan”,Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Skripsi.

Mokoginta, Nani Chairani. 2015. Analisis Efektivitas Prosedur Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Dalam Peningkatan PAD Provinsi Sulawesi Utara.Jurnal EMBA. Universitas Sam Ratulangi Manado.http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/7333/6835. Diakses pada 10 Januari 2020. Hal 1-10.

Muaja, Rifaldi Josua., Jullie Sondakh danSteven Tangkuman. 2015. Analisis Penerapan Perencanaan Pajak Pada Wajib Pajak Badan di PT. Elsadai Servo Cons.Jurnal EMBA. Universitas Sam Ratulangi. Manado. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/10586/10173. Diakses pada 10 Januari 2020. Hal 1-10.

Profil Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. 2014. Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Nadhia, Syarifah. 2012. Efektivitas Prosedur Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari Pajak Pusat ke Pajak Daerah Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Palembang. Palembang.

Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 16 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. 2011. Makassar. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2010 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Jakarta: Departemen Dalam Negeri.

Arum, Harjanti Puspa. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap). Cilacap: Universitas Diponegoro.

Brotodihardjo, R. Santoso. 2010. Pengantar Ilmu Hukum Pajak: Refika Aditama

Guritno, T. 1997. Kamus Ekonomi Bisnis Perbankan: Inggris-Indonesia. Yogyakarta.

Komarawati, Dewi Rina. 2010. Analisis Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak di Kabupaten Lahat. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Puspitasari, Nilla Ayu. 2012. Analisis Sosialisasi Peraturan Perpajakan Dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak. Surabaya.

Putri, Amanda dan Jati, I Ketut. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Denpasar. Bali: Universitas Udayana.

Rahmawati, Novia. 2014. Analisis Efektifitas Pemungutan Pajak Melalui Layanan Samsat Drive Thru (Studi Kasus Kantor Bersama Samsat Batu Kota). Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Saraswati, Anggun Kurnia. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri yang Terdaftar di KPP Pratama Surakarta). Surakarta: Universitas Diponegoro.

Rompis, Natalia Ester. 2015. Analisis Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Studi Kasus Pada Samsat Airmadidi).Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Universitas Sam Ratulangi. Manado. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/9376/8955. Diakses pada 15 Januari 2016. Hal 1-12..




DOI: https://doi.org/10.24252/assets.v10i1.14773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi is indexed by:

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

Office Address:

Jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi UIN Alauddin Makassar

Jl.H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Web Analytics Made Easy - StatCounter