PENGARUH STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA)

Dinda Aria, Evy Dayanti, Gab Rizki Tiwi M Tiwi M, Isti Sara, Vicky F. Sanjaya

Abstract


Penelitian ini adalah tentang bagaimana pengembangan produk atau inovasi produk-produk dalam menghadapi ketatnya persaingan dalam industri pemasaran pasta gigi. Penelitian ini mengidentifikasi proses pengembangan produk yaitu pada tahap komersilnya dan teknik penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara pada pengguna pasta gigi merek Pepsodent. Teknik analisis dengan membandingkan data hasil pengamatan yang di dapat dengan hasil wawancara. Dalam teknik ini informasi diolah menggunakan triangulasi dengan mengelompokkan data, lalu untuk memperdalam penelitian menggunakan teori-teori yang membahas tentang pengembangan produk, inovasi, juga keputusan pembelian serta menggabungkan semua infomasi yang ada. Hasil Pengujian menunjukkan bahwa Pepsodent terus berkembang dengan mengeluarkan produk-produknya yang baru, tak hanya mengembangkan produk pada pasta gigi saja tetapi juga pada obat kumur dan sikat gigi. Hal ini berpengaruh pada kebutuhan dan keinginan konsumen secara tidak langsung. Dengan hal ini membuktikan bahwa hasil yang di peroleh penulis tentang pengembangan produk terhadap keputusan pembelian sesuai dengan persentase pasta gigi merek Pepsodent yang menjadi Top Brand Indonesia pertama.

Keywords


Pengembangan Produk; Inovasi; Keputusan Pembelian.

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

David, Fred R. & David, Forest R. (2015). Manajement Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Griffin, Ricky W. & Ebert, Ronald J. (2006). Bisnis. Surabaya: Erlangga.

Griffin, Ricky W. & Ebert, Ronald J. (2007). Business. Jakarta: Penerbit Erlangga. Retrieved April 11, 2020, from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/241

Handoko, Renny. (2010). Studi deskriptif pengembangan produk baru.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pepsodent (diakses pada tanggal 13 April 2020)

https://www.tanyapepsodent.com/home.html (diakses pada tanggal 13 April 2020)

https://www.topbrand-award.com/ (diakses pada tanggal 13 April 2020)

Hutagalung, Simon S. & Hermawan, Dedy. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Sleman: Penerbit Deepublish.

Kosalim, Vivi. Dkk. (2019). Pengaruh Differensiasi Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Parewa Aero Catering Medan.

Kotler, Philip dan Kevin lane keller. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip. (1987). Marketing. Surabaya: Erlangga.

Nujulia. Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Pasta Gigi Pepsodent. STKIP PGRI Padang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, ujang. (2011). Perilaku Konsumen (teori dan penerapannya dalam pemasaran). Bogor: Ghalia Indonesia.

Wijaya, Wirawan Surya. & Mustamu, Rommy H. (2013). Analisis Pengembangan Produk Pada Perusahaan Tepung Terigu di Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Pengembangan produk dapat dilakukan setelah menganalisa kebutuhan dan keinginan pasarnya. Jika masalah ini telah diselesaikan, maka keputusan-keputusan tentang harga, distribusi dan promosi dapat diambil. (Swastha dan Irawan, 2008: 78).

(Swasta, Basu dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke-8. Jakarta: Pustaka pelajar.)

Produk adalah segala sesuatu atau apa saja yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, pembelian, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan yang meliputi benda fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan (Kotler, 2002: 51).

(Kotler, Phillip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, PT. Prehalindo.).




DOI: https://doi.org/10.24252/assets.v10i1.14793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi is indexed by:

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

Office Address:

Jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi UIN Alauddin Makassar

Jl.H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Web Analytics Made Easy - StatCounter