Konvergensi IFRS, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Audit Report Lag di BEI

Fina Diana

Abstract


Ketepatan waktu penyusunan atau pelaporan suatu laporan audit atas laporan keuangan perusahaan bisa mempengaruhi pada nilai laporan keuangan tersebut. Keterlambatan informasi akan menimbulkan reaksi negatif dari perilaku pasar modal, karena laporan keuangan audit yang di dalamnya memuat informasi penting, seperti laba yang dihasilkan perusahaan bersangkutan dijadikan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk membeli atau menjual kepemilikan yang dimiliki oleh investor, artinya informasi laba dari laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis pengaruh konvergensi IFRS terhadap audit report lag; (2) Menganalisis pengaruh ukuran perusahan terhadap audit report lag; (3) Menganalisis pengaruh profitabiltas terhadap audit report lag.  Data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan sampel perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun. Berdasarkan metode penelitian purposive sampling, total sampel penelitian adalah 39 laporan keuangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konvergensi IFRS  berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap audit report lag; (2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit report lag; (3) profitabilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit report lag.

Keywords


IFRS; Audit Report Lag; Ukuran Perusahaan; Profitabilitas

References


Arkarath, Nandakuma. 2012. Memahami IFRS standar pelaporan keuangan internasional. PT. Indeks, Jakarta.

Arens, A.A., J.K. Loebbecke. 2010. Auditing: An Integrated Approach. Eight Edition. Prentice Hall International Inc, New Jersey.

Arif, Wicaksono. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap AuditDelay di Indonesia. Skripsi, Univer.sitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta.

Bapepam. 2008. Panduan Investasi di Pasar Modal Indonesia. Jakarta.

Ferdianto, Rio. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit report lag Pada Perusahaan Nonkeuangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro. Semarang.

Gujarati, D. 2006. Ekonometrika Dasar.Penerbit Erlangga, Jakarta.

Halim, Abdul. 2008. Auditing (dasar-dasar Audit Laporan Keuangan). UUP STIM, Yogyakarta.

Hilmi, Utari dan Syaiful Ali. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang MempengaruhiKetepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris padaPerusahaan-perusahaan yang Terdaftar di BEJ). Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Kartika, Andi. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit report lag di Indonesia(Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar diBursa Efek Jakarta). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Maret.

Keiso, Donald E., Jerry J, Weygandt, and Terry D. Warfield. 2001. Akuntansi Intermediate. Edisi 10. Erlangga, Jakarta.

Margareta, stevhany. 2011. Pengaruh penerapan IFRS (International Financial Reporting Standards) Terhadap keterlambatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Martini, Dwi. 2012. Dampak Implementasi IFRS Bagi Perusahaan. Artikel Staf pengajar Akuntansi FEUI, anggota tim implementasi IFRS. staff.blog.ui.ac.id/ martani/files/2012/.../Dampak-Implementasi-IFRS.doc. diakses: 4 April 2015. Pukul 11:00.

Mulyadi. 2008. Auditing (Pengauditan). Buku I Edisi Ke Enam. PT Salemba, Empat.

Prabandi, J.D.M & Rustiana. 2007. Beberapa Faktor yang Berdampak padaPerbedaan Audit report lag (Studi empiris pada perusahaan-perusahaan keuangan yang terdaftar di BEJ). Jurnal Kinerja, 11(1): 27-39.

Prihadi, Toto. 2012. Praktis Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS & PSAK. PPM, Jakarta.

Rachmawati, Sistya. 2008. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Audit report lag dan Timeliness. Jurnal Akuntansi Keuangan, Mei.

Santoso, Singgih. 2012. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Elex Media Computindo, Jakarta.

Simbolon, Harry Andrian. 2011. Perkembangan Konvergensi PSAK ke IFRS. Jakarta.

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Supriyati, Yuliasri Rolinda. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit report lag (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Finansial diIndonesia). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 10(3): 109-126.

Utami, Wiwik. 2006. Analisis Determinan Audit report lag Kajian Empiris di Bursa Efek Jakarta. Bulletin penelitian, No. 09.

Ubaidillah dan Venny. 2008. Audit Report Lag pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal penelitian dan pengembangan akuntansi, 2(2) Juli.




DOI: https://doi.org/10.24252/.v6i1.1600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi is indexed by:

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

Office Address:

Jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi UIN Alauddin Makassar

Jl.H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Web Analytics Made Easy - StatCounter