Pengaruh Komponen Biaya Terhadap Laba dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Moderasi

M. Wahyuddin Abdullah, Muhammad Syukriadi

Abstract


Penelitian bertujuan menguji pengaruh biaya produksi, biaya  promosi, dan biaya distribusi terhadap laba perusahaan dengan menggunakan volume penjualan sebagai variabel memoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan CV.Citra  Sari  Makassar. Adapun sampel dalam  penelitian ini adalah laporan bulanan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, volume penjualan dan laba perusahaan tahun 2012-2014 yaitu berjumlah 36 sampel. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis  regresi berganda dan analisis regresi moderasi dengan pendekatan interaksi. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan. Selain itu, juga  didapatkan hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu volume penjualan memoderasi  hubungan pengaruh antara biaya produksi, biaya promosi, dan  biaya distribusi terhadap laba perusahaan.


Keywords


Biaya Produksi; Biaya Promosi; Biaya Distribusi; Volume Penjualan; Laba Perusahaan

References


Bustami Bastian, dan Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya Melalui pendekatan Manajerial. Edisi pertama. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Hapsari, Stephanie Dian, Bobby W. Saputra, dan Bambang Rismadi. 2013. Evaluasi Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi Dan Efisiensi Biaya Produksi (Studi Kasus Di PT. XYZ). JAMS – Journal Of Management Studies, 2(1).

Harahap, Sofyan Syafri. 2001. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan Ketiga. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hernomo, Arindra Diesnu, Apriatni dan Widayanto. 2012.

Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Permen Tolak Angin Pada PT. Muncul Mekar. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ibrahim, Malik. 2014. Pengaruh Biaya Sales Eksekutif dan Biaya Distribusi Terhadap Volurne Peniualan Pada PT.Syngenta Regional Sales Area Sulawesi Selatan dan Barat. Skripsi. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2014. Metodologi. Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi Pertama. Cetakan Keenam. BPFE, Yogyakarta.

Kurniadi, Firmansyah. Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada CV.Sejati di Sragen. Skripsi. Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran. Edisi 6 Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Marbun, BN. 2003. Kamus Manajemen. Pustaka Sinar Harapan, . Jakarta.

Martana, D.P. Agus, I Ketut Kirya, dan Nyoman Yulianthini. 2015. Pengaruh Jenis Produk, Biaya Promosi, dan Biaya Produksi Terhadap Volume Penjualan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 3.

Prihantara, K, D Slamat, I Wayan Suwendra, dan Ni N Yulianthini. 2015. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan pada UD Nata Jati Mebel.. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 3.

Putra, Yonnade Arga. 2014. Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar). Skripsi. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Rustami, Putu, I Ketut Kirya, Wayan Cipta. 2014. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Sari, Desi Wita. 2014. Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk Semen PT. Semen Tonasa di Pangkep. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sutodjo, Siswanto & Kleinsteubeur, Fritz. 1997. Strategi Pemasaran. Damar Mulia Pustaka, Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Basu DH. 2005. Asas-asas Marketing. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Bisnis & Manajemen. PT Andi, Yogyakarta.

Widnyana, Made Juni, I Made Nuridja, dan I Ketut Dunia. 2014. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba UD Surya Logam Desa Temukus Tahun 2010-2012. e-Journal. Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Wisesa, I Wayan Bayu, Anjuman Zukhri, dan Kadek R Suwena. 2014. Pengaruh Volume Penjualan Mente dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada UD. Agung Esha Karangasem 2013. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Yuwita, Lyana. 2014. Pengaruh Efektivitas dan Efisiensi Pengendalian Biaya Produksi Terhadap Peningkatan Laba Perusahaan pada PT. Central Warisan Indah Makmur Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.24252/.v6i1.1602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi is indexed by:

 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

Office Address:

Jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi UIN Alauddin Makassar

Jl.H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Web Analytics Made Easy - StatCounter