Konsep Value for Money: Alternatif Pengukuran Kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum Luwu Timur

Mukminawati Ridwan, Anggrawati Anggrawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Luwu Timur jika diukur melalui pendekatan konsep value for money. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu pelayanan yang diberikan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Luwu Timur dalam program pembangunan jalan dan jembatan tidak Efektif berdasarkan penilaian Lakip LAN, hal ini terlihat pada persentase rasio efektivitas yang mencapai angka 31,19%, meskipun output yang dihasilkan sudah mencapai target yang maksimal yaitu 100% akan tetapi tigkat pencapain outcome dari program pembangunan jalan dan jembatan secara umum belum mencapai target sebagaimana yang telah direncanakan oleh pemerintah atau dengan kata lain belum memuaskan publik atau pelanggan (masyarakat) secara maksimal.

Kata Kunci


Kinerja; Value for Money; Efektivitas; Outcome; Program Pembangunan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiati, Tri Astuti. 2011. Analisis value for money pada Kinerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Semarang. Skripsi, Semarang.

Bastian, Indra. 2001. Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. BPFE, Yogyakarta. Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Suatu Pengantar. Erlangga, Jakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE, Yogyakarta. Kariyoto, Implementasi Value for Money, Input, Output, Outcome dan Best Value sebagai Alat Pengukuran Kinerja Sektor Publik. JIBEKA, 11(1) Februari: 72-82.

Lembaga Administrasi Negara dan BPKP. 2000. Akuntabilitas dan Good Governance: Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Modul 1-5. LAN dan BPKP, Jakarta.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja sektor publik. Edisi ke-3. Cetakan 1. STIE YKPN. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. C.V ANDI, Yogyakarta.

Marsit, Indriani. 2006. Penerapan Konsep Value For Money Sebagai Alternatif alat Pengukur Kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi, Makassar Jurusan Akuntansi FE-UH.

Paskarina, Caroline, 2006. Penilaian Kinerja Pelayanan Publik. Puslit Kebijakan Publik dan Pengembangan Wilayah Lemlit UNPAD. Jurnal Governance, 2(5) Januari-Maret.

Rasul, Syahrudin. 2003. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran dalam Perspektif UU NO. 17/2003 Tentang Keuangan Negara. PNRI, Jakarta.

Putra, Renaldi. 2014. Penerapan Value for money dalam menilai kinerja pelayanan sektor publik pada Polres Ogan Ilir. Jurnal Diglib Binadarama: 1-14.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Taufik, Wahyu Hidayat dan Ikhsan Budi Riharjo. 2015. Pengukuran Kinerja Unit Pemerintah Daerah dalam Perspektif Value for Money. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(11), 1-17


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.