PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI PAPUA BARAT

Syafaruddin Syafaruddin

Sari


: Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat. Penelitian dilaksanakan pada Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat. Waktu penelitian selama 3 bulan. Penelitian  menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah meliputi seluruh pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat berjumlah 73 orang. Pengambilan sampel penelitian  dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian  adalah sebanyak 73 orang pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pengujian secara parsial dilihat nilai thitung variabel motivasi kerja yaitu 4,291 > ttabel (2,070)dengan tingkat signifikansi 0.000, 2) pengujian secara parsial dilihat nilai thitung variabel budaya organisasi adalah 5,452 > ttabel (2,070). dengan tingkat signifikansi 0.000, dan 3) Variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai adalah budaya organisasi. Data menunjukkan hubungan positif (searah) antara budaya organisasi dengan kinerja pegawai. Hal ini terlihat dari nilai thitung Variabel Budaya Organisasi adalah 5,452 yang lebih besar dari nilai thitung Variabel Motivasi Kerja yaitu 4,291

Kata Kunci


Motivasi, Budaya, Kinerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2004. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Ansari, M. I, .2002. Pengaruh Motivasi terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Daerah Propinsi Sulawesi Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang. Tidak Dipublikasikan.

Aswar. 2007. Reliabilitas dan Validitas (3rd ed). Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Cooper, D. R and C. W. Emory. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Terjemahan Edisi Kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Desseler, G, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Indonesia. PT Prenhallindo, Jakarta.

Effendy, S dan S, Masri, 2009, Metode Penelitian Survai, Edisi Revisi, LP3ES. Jakarta.

Goldtein, A. S. 2007. Starting on a Shoestring : Building a Business without a Bankroll, John Wiley & Sons, Inc. New York.

Hasibuan, M, SP. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Hofstede G, 2003. The Cultural Relativity Organizational Practices and Theories. Jurnal International Business Studies Fall.

Nicholson, W. 2007. Teori Ekonomi Mikro I. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sahrun. 2006. Pengaruh Budaya Organisasi dan Perilaku Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Lingkup Universitas Haluoleo Kendari. Tesis Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar. Tidak Dipublikasikan.

Siagian, S. P., 2009. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, CV Haji Masagung. Jakarta.

Stoner, J.A.F. 2006. Management. Prentice-Hall International. London.

Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung

Susiati., 2001. Pengaruh Budaya Perusahaan terhadap Kinerja. Tesis. Universitas Brawijaya Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.