PERANAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MI POLEWALI MANDAR

Hernawati Hernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak dalam keluarga, mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi pem­bina­an akhlak, dan mengetahui hubungan pengetahuan orang tua dan peranan­nya terhadap pembinaan akhlak peserta didik MI Pergis Bonde Kab. Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pe­ngumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak peserta didik masih sangat kurang, pemahaman orang tua tentang ilmu agama Islam masih minim, sehingga pembinaan akhlak anak dalam rumah tanngga atau keluarga sangat terbatas.

Keywords


Peran Orang Tua; Pembinaan Akhlak

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. (1993). Ensiklopedia Islam di Indonesia. Jilid I, IAIN Jakarta.

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munirah. (2015). Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 (2).

Permatasari, B., I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1), 1-8.

Rofik, Y. N. (2011). “Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Desa Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”, Skripsi. Tulungagug: Fak. Tarbiyah STAIN Tulungagung.

Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2 (2), 221-232.

Susantin, J. (2015). Urgensi Kontinuitas Pengawasan Orang Tua Terhadap Pergaulan Anak. KARIMAN: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 121-132.

Tafsir, A. (2004). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) beserta Penjelasannya.

Uniarti. (2011). “Kepribadian Penerapan Pendidikan Akhlak dan Fungsinya terhadap Peningkatan Siswa RA Az-zahrah”, Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Zainuddin & Riza. (2015). Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif Islam. EDUKKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2), 844-861.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hernawati Hernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

 

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats