PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DARUL ISTIQAMAH KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA

Chaeruni Rezki Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bentuk pemberian penguatan positif para guru, realitas sikap belajar peserta didik, dan seberapa besar pengaruh pemberian penguatan positif terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Istiqamah Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Penelitian ex post facto ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan V yang berjumlah 45 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur data pemberian penguatan positif dan angket untuk mengukur data sikap belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan statistik deskriptif tentang pemberian penguatan positif oleh guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 53,3%. Hasil perhitungan statistik deskriptif tentang sikap belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 66,7%. Berdasarkan hasil analisis statistik regresi linear sederhana maka diperoleh nilai 0,001 terbukti bahwa antara pemberian penguatan positif terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat pengaruh yang signifikan terbukti dari nilai yang didapatkan ˂0,01(0,001˂0,01).


Keywords


Pemberian penguatan positif; sikap belajar

Full Text:

PDF

References


Adi, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Kontruktivisme dan VCT. Cet. II; Jakarta; Rajawali Press, 2013.

Alma, Buchari. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2014.

Anwar, Muhammad. Mengajar dengan Tekhnik Hipnosis. Cet. I; Makassar: Gunadarma Ilmu, 2014.

Arifin, Tajul. Manajemen Penelitian. Cet. IV; Jakarta; Rajawali Press, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. IX; Jakarta: PT Rineka Cipta,1993.

Azril, Zainal. Microteaching Disertai Pedoman Pengalaman Lapangan. Cet. IV ; Jakarta dengan: Rajawali Pers, 2012.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009.

Depdiknas, “Undang-Undang no.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional .”

Damopolii. Muljono, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Cet I; Makassar: Alaudin Press Makassar, 2013.

Hasbullah, Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Cet. X; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Musfira (26 tahun), Guru Kelas V MI Darul Istiqamah Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, wawancara, Gowa 18 Desember 2015.

Nasriningsih, Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcement) terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Inspres 12/29 Cammilo Bone”, Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar,2011.

Nugraheni, Pratiwi Wahyu. “Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcemen) dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Kalego Boyolali Tahun 2010/2011”, Skripsi. Surakarta: Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2011..

Rahman, Ulfiani. Nuansa Baru Psikologi Belajar. Cet. I; Makassar: Alauddin Press,2013.

Riduwan, Dasar- Dasar Statistika. Cet. VII; Bandung: Alfabeta, 2009.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Cet. V; Bandung: Alfabeta, 2012.

Saefuddin, Udin. Pengembangan Profesi Guru. Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2011.

Saud, Udin Syaefudin. Pengembangan Profesi Guru. Cet. IV; Bandung:Alfabeta, 2011.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Cet. I; Bandung: CV Pustaka Setia, 2003.

Sufren, Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Cet. I; Jakarta: PT Gramedia, 2014.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Cet. XXIV; Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Trihesty, Oktavika. “Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Dzerzh Binaan 5 kecamatan Petarukang Kabupaten Pemalang tahun 2014/2015”, Skrips, h. 84.

Yahdi, Muh. Pembelajaran Micro Teaching. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Chaeruni Rezki Syarifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

  

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats