ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD/MI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINAT

Khaeroni Khaeroni, Eva Nopriyani

Abstract


Abstrak

Struktur pengetahuan matematika dibangun melalui serangkaian konsep-konsep, teori-teori, atau postulat-postulat secara berjenjang. Matematika juga memiliki sifat yang konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena konsep matematika berjenjang, akibatnya siswa kesulitan untuk mempelajari konsep-konsep lanjutannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model Miles and Huberman. Contohnya untuk mempelajari materi sistem koordinat, siswa terlebih dahulu harus menguasai konsep satuan dan pengukuran, urutan pada bilangan bulat, dan menggambar garis bilangan baik secara horizontal maupun vertikal. Abstraksi matematika merupakan kesulitan tersendiri yang harus dihadapi siswa dalam mempelajari konsep-konsep matematika. Guru juga dapat mengalami kendala dalam mengajarkan matematika karena sifatnya yang abstrak. Untuk itu perlu diuraikan kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam mempelajari materi sistem koordinat agar guru dapat mengajarkan materi serupa dengan pendekatan dan cara yang sesuai dan menemukan cara mengatasi kesulitan belajar matematika dengan pendekatan reflektif.

Abstract

                The structure of mathematical knowledge is built through a series of concepts, theories, or postulates in hierarchy. Mathematics also has a consistent, systematic, and logic. The fact in field shows that there are students who have difficulty in learning math. Since the tiered of mathematical concepts, students aim a difficulty on learning next concepts. The research approach used is qualitative research with Miles and Huberman model. For example, to study the concept of Coordinate System, students must master the concept of unit and measurement, sequence in integers, etc. The abstraction of mathematics is a difficulty that must be faced by students in learning mathematical concepts. Teachers can also face obstacles in teaching mathematics because of its abstract nature. Therefore, it is necessary to describe the difficulties faced by students in learning the material coordinate system so that teachers can teach similar materials with appropriate approaches and find ways to solve the difficulties of learning mathematics with a reflective approach.


Keywords


Kesulitan Belajar; Matematika; Sistem Koordinat

Full Text:

PDF

References


Mulyati. (2005). Psikologi Belajar. Jogjakarta: Andi Offset.

Nadhirah, Y. F., (2017). Psikologi Belajar dan Mengajar. Laporan Hasil Penelitian. Serang: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Soegiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Praga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Khaeroni Khaeroni, Eva Nopriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

 

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats