PENGEMBANGAN TES KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Wiwin Pramita Arif

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan tes kognitif yang valid dan reliabel, dengan tes yang memiliki tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh pada materi sistem pernapasan pada siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMAN 1 Makassar. Proses pengembangan perangkat tersebut menggunakan model pengembangan tipe formatif research oleh Tessmer. Data validitas isi dianalisis secara matematis menggunakan rumus Gregory, sedangkan validitas empiris menggunakan korelasi point biserial. Reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan program ITEMAN, sedangkan tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh dianalisis dengan menggunakan bantuan analisis ANATES Ver. 4. Hasil ujicoba menghasilkan tes kognitif dengan soal tes bentuk pilihan ganda sebanyak 50 nomor, 25 nomor untuk paket A dan 25 nomor untuk paket B. Keselurah paket soal dinyatakan valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran untuk masing-masing paket dari kategori sulit, sedang, dan mudah yaitu 1:2:1. Daya beda masing-masing paket berada pada kategori baik. Efektivitas pengecoh masing-masing paket berfungsi dengan baik.

Keywords


Analisis Butir Soal, Sistem Pernapasan, Tes Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Ali, Ahmad (2014). Pengembangan Perangkat Asesmen Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek (Online),Vol.2,No.1(http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1686 , diakses 09 November 2016).

Anwar, Syafri. (2006). Peningkatan Kinerja Guru dalam Membuat Soal Objektif melalui Umpan Balik. Jurnal Pendidikan don Kebudayaan. No. 059, Tohun Ke-12, Morel 2006.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Teknik Evaluasi. Jakarta: Diknas.

Haling. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: UNM Makassar.

Mahaputri, Ni Luh Putu., Nyoman Dantes, I Wayan Sadia. (2013). Pengembangan tes prestasi belajar berbasis taksonomi Anderson dan krathwohl pada kompetensi dasar fisika Smk kelas x semester ganjil se-kota singaraja. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA (online). Vol. 3 (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal-ep/article/view/763, diakses 20 Juli 2016).

Mansyur, Rasyid, H. & Suratno. (2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Nurhayati. (2011). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Makassar: Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, T., Purwoko & Zulkardi. (2008). Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika (Online), Vol. 2. No. 2 (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/301, diakses 20 Juli 2016).

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Ruslan. (2005). Prinsip Dasar Evaluasi. Makassar: Disampaikan pada Diklat Guru Sekolah Dasar Mata pelajaran Matematika. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.

______. (2009). Validitas Isi. Buletin Pa’biritta No. 10. Tahun VI, 18-19

Safari. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Taufiq, Ainul U. (2013). Pengembangan Tes Kognitif Berbasis Revisi Taksonomi Bloom Pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa SMA. Jurnal Biotek (online), Vol. 3, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1014, diakses 26 Juli 2017).

Uno, Hamzah B., Koni, Satria. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yahya, Yudrik. (2003). Wawasan Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Widodo. (2010). Analisis Butir Soal Tes. Jurnal Pendidikan Penabur - No.14/Tahun ke-9/Juni 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Biotek

Jurnal Biotek is indexed by:


        ________________________________________________________

Jurnal Biotek

Jurusan Pendidikan Biologi (Department of Biology Education)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

ISSN Print: 2354-9106 ISSN Online: 2581-1827

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.biotek@uin-alauddin.ac.id

View Jurnal Biotek Stats