PENGARUH PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN BANTUAN MEDIA CHOOSE NUMBER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Ikra Safitri, Misykat Malik Ibrahim, Nursalam Nursalam

Abstract


Tujuan dalam penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik di SMP Negeri 3 Sungguminasa Sungguminasa yang diajar tanpa menerapkan model talking stick dengan bantuan media choose number 3) Menganalisis perbedaan hasil belajar biologi antara peserta didik yang yang diajar dengan menerapkan model talking stick dengan bantuan media choose number 2) Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik di SMP Negeri 3 diajar dengan model talking stick dengan bantuan media choose number dan peserta didik yang diajar tanpa model talking stick dengan bantuan media choose number.

Dalam penelitian ini merupakan suatu penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dengan jumlah 35 peserta didik dan kelas VIII H yang berjumlah 35 peserta duduk. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling . Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistic deskriftif dan analisis statistic inferensial dengan menggunakan uji-t.

Berdasarkan dari hasil analisis statistik deskriptif, dan diperoleh nilai rata-rata dari kedua kelompok tersebut, dengan menggunakan kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model talking stick dengan bantuan media choose number  sebesar 75,58. Pada kelas kontrol  yang diajar dengan tanpa menggunakan model talking  stick dengan bantuan media choose number sebesar 67,41. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai sign sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada α sebesar 0,05 (sign<α) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara model talking stick dengan bantuan media choose number dengan tanpa yang diajar menggunakan model talking stick dengan bantuan media choose number terhadap hasil belajar biologi peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Keywords


Model Talking Stick, Choose Number dan Hasil Belajar

References


Asri, Widya, Betty.“Peningkatan kualitas pembelajaran PKN Menggunakan Model Talking Stick dengan Menggunakan Audio-Visual”, 2015 .

Budimansyah, dasim. Model pembelajaran dan penilaian. Bandung : Genesindo ,2002

Gunawan, Efektivitas Penerapan Metode Word Square (WS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar” Skripsi” Makassar : Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin, 2015.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Cet. Pertama ; Jakarta : PT Bumi Aksara, 2001.

Kango Suciani,dkk, “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SDN 3 Bulawa Pada Materi Hubungan Daya Alam, Lingkungan,Teknologi dan Masyaraka,( 2013)

Pratiwi, Heni. “Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran IPS Peserta didik Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta”, 2013.

Rusman, Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Cet. 11; Bandung: Alfabeta, 2013.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Sugiono, metodePenelitian Pendidikan. Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014.

Syamsuduha, St. Penilaian berbasis kelas konsep dan Aplikasi Cet 1 ; yogyakarta : CV. Arti Bumi Intaran : 2014

Widoyono dan Sofara, Metodologi penelitian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Cet 1 ; jakarta : In Media, 2013.




DOI: https://doi.org/10.24252/jbiotek.v6i1a12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ikra safitri, Misykat Malik Ibrahim, Nursalam Nursalam

Jurnal Biotek is indexed by:


        ________________________________________________________

Jurnal Biotek

Jurusan Pendidikan Biologi (Department of Biology Education)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

ISSN Print: 2354-9106 ISSN Online: 2581-1827

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.biotek@uin-alauddin.ac.id