Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Higiene : Jurnal Kesehatan Lingkungan adalah publikasi ilmiah yang terbit 4 bulan sekali, menerima naskah dalam bentuk original article atau research paper (perioritas utama), tinjauan pustaka, laporan kasus, ceramah dan editorial yang relevan dengan bidang kesehatan lingkungan. Naskah yang dikirim adalah naskah yang belum dipublikasikan. Semua naskah yang dikirim akan diseleksi dengan menggunakan sistem peer review.

Higiene : Jurnal Kesehatan Lingkungan menerbitkan manuskrip tentang segala aspek kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan paparan dan dampak lingkungan, serta  studi terkait toksikologi dan epidemiologi lingkungan.

Jurnal ini ditujukan untuk para profesional, ilmuwan, dan praktisi untuk memfasilitasi pertukaran gagasan, pengalaman, praktik dan temuan penelitian yang berfokus pada ilmu kesehatan lingkungan yang menitikberatkan pada  kesehatan, kesejahteraan manusia serta aspek lingkungan yang terkait di dalamnya.

 Prioritas akan diberikan pada artikel dalam studi kesehatan lingkungan, aspek kesehatan masyarakat yang terkait dengan paparan lingkungan, kebersihan perorangan, aspek epidemiologi kesehatan lingkungan, toksikologi lingkungan, analisis risiko kesehatan lingkungan, biomonitoring dan infeksi terkait lingkungan.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Higiene direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (Reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting dalam forum Sidang Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bebestari (Reviewer). Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Google Scholar atau aplikasi Turnitin.

 

Frekuensi Penerbitan

Higiene : Jurnal Kesehatan Lingkungan terbit 3 kali per tahun yakni pada bulan April, Agustus dan Desember

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...