Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN UNTUK PENULIS

Petunjuk Umum

Higiene : Jurnal Kesehatan Lingkungan adalah publikasi ilmiah yang terbit 4 bulan sekali, menerima naskah dalam bentuk original article atau research paper, tinjauan pustaka, laporan kasus, ceramah dan editorial yang relevan dengan bidang kesehatan masyarakat.

Naskah yang dikirim adalah naskah yang belum dipublikasikan. Semua naskah yang dikirim akan diseleksi dengan menggunakan sistem peer review.

Pengiriman dan Persiapan Teknis Naskah

Naskah diketik dalam format doc./doc.x (microsoft office word) pada kertas berukuran A4 dengan batas margin 2,5 cm, font calibri, size 10, spasi 1,25. Urutan naskah sebagai berikut : halaman judul, abstrak, kata kunci (key words), teks keseluruhan, ucapan terima kasih, daftar pustaka, tabel dan gambar (setiap tabel dan gambar pada halaman terpisah). Nomor halaman dicantumkan berurutan dimulai dari halaman judul pada sudut kanan bawah.

Judul

Judul mencakup : Judul dibuat singkat, spesifik dan informatif, ringkasan judul tidak lebih dari 18 karakter

Yang dicantumkan di bawah judul; Nama dan alamat setiap penulis, nama lembaga dan lembaga afiliasi penulis; Nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, email dan facsimili.

Abstrak Dan Kata Kunci

Abstrak ditulis tidak lebih dari 200 kata yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris. Abstrak dibuat singkat, informatif dengan menekankan aspek baru dan penting  dari tulisan. Kata kunci dicantumkan pada halaman yang sama dengan abstrak sesuai dengan Uniform Requirements oleh International Commitee of Journal Editors di Vancouver, British Columbia. Pilih 3-5 buah kata yang dapat membantu penyusunan indeks.

Teks Makalah

Teks makalah disusun menurrut sub judul yang sesuai yaitu Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan (Format IMRAD). Cantumkan ukuran dalam unit/satuan SI unit. Gunakan istilah  yang baku. Buatlah singkatan sesuai anjuran Style Manual for Biological Science misalnya kcal. Laporkan satuan panjang, tinggi, berat dan isi dalam satuan metrik (meter, kilogram, atau liter).

Metode Statistik

Jelaskan tentang metode statistik secara rinci pada bagian “metode”. Metode yang tidak lazim ditulis secara rinci.

Tabel dan Gambar

Setiap tabel diberi judul singkat. Setiap kolom diberi subjudul singkat. Nomor tabel berurutan sesuai dengan penyebutan dalam teks. Jumlah tabel dan gambar maksimal 6 buah.

Ucapan Terima Kasih (Jika Ada)

Batasi ucapan terima kasih pada para profesional, terutama ditujukan kepada 1) pihak yang memberi bantuan dana, 2) pihak dan lembaga yang memberi dukungan, 3) para professional yang memberi kontribusi dalam penyusunan makalah.

Naskah yang diterima redaksi akan dibahas oleh mitra bebestari dan redaksi berhak memperbaiki susunan bahasa tanpa mengubah isinya. Usulan perbaikan naskah akan disampaikan kepada penulis yang bersangkutan.

Pembayaran

Higiene : Jurnal Kesehatan Lingkungan adalah jurnal nasional akses terbuka. Sejak penyerahan naskah tahun 2015, Penulis tidak boleh membayar biaya pemrosesan dan pengiriman untuk pemrosesan artikel (gratis).

Pembaca dapat membaca dan mendownload artikel teks lengkap secara gratis. Penulis dapat  membayar sejumlah biaya untuk Artikel Reprint Asli yang Dipesan dengan tarif yang layak. 

Naskah dikirimkan ke alamat redaksi :

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jl. H.M. Yasin  Limpo No. 36 Samata Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Telp. (0411) 424 835/ Fax. (0411) 424 836

Email : jurnal.higiene@uin-alauddin.ac.id

Petunjuk untuk Penulisan Naskah secara detail dapat di download di sini

Template Naskah dapat di download di sini

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1,25 spasi; font 10; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.