Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android

Mega Orina Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah merancang dan membangun aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar berbasis Android .Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan  adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan  data wawancara  dan  observasi.  Metode perancangan  menggunakan waterfall  dan  teknik  pengujian  yang  digunakan  adalah  Black  Box.  Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar yang dapat menjadi media penyampaian informasi sejarah Pembebasan Irian Barat. Aplikasi ini sudah  memvisualisasikan  lingkungan  pada  Monumen  Mandala  Makassar,  desain aplikasi menarik, serta informasi yang disajikan cukup lengkap mengenai Monumen Mandala Makassar tersebut. Namun pengoperasian  atau kontrol dari penggunaan aplikasi masih perlu diperbaiki karena beberapa dari responden mengatakan bahwa pengoperasian dari aplikasi ini masih sulit.


References


Aditya. Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Handal.Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010

Bianto, Iwan. Multimedia Digital Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta : Andi Offset, 2010.

Cahayani, Anisa. “Rancang Bangun Virtual Tour Memorial Jendral Besar H.M Soeharto Yogyakarta.” Skripsi Sarjana, Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIKOM), Yogyakarta, 2015.

Colasante, Meg. Nicola Building Virtual Tour; Considering simulation in the equity of experience concept. 2011.

Collins, C,. Galpin, M.D. & Kappler, M. Android in Practice. Shelter Island, New

York : Manning, 2012.

DiMarzio, JF. Android A Programmer’s Guide. USA: The McGraw-Hill Companies,

Ekasari, Y. “Merancang Game Petualangan “Binggo” Menggunakan Unity 3d Game Engine.” Skripsi Sarjana, Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, Yogyakarta, 2012.

Fleming. 3D Modelling & Surfacing, Morgan Kaufmann, 1999.

Gargenta, M. Learning Android. California : O’Reilly Media, 2011.

Halim, C.Imantaka., dkk,. “Perancangan dan Pembuatan Peta Interaktif Universitas Kristen Petra Berbasis Android.” Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2014.

Heinich, R., dkk., Instructional media and technology for learning, 7th edition. New

Jersey: Prentice Hall, 2002.

Jan, Dusan; Rogue, Antonio; Leuski, Anton; Morie, Jacki; Traum, David. A Virtual

Tour Guide for Virtual Worlds. 2009.

Jogiyanto, H.M. Analisis Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset,

Kristanto, Andri. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Jakarta: Gava

Media, 2003.

Moelong, J. Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya, 2002.

Nazarudin. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2007.

Pressman, Roger. S. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Fifth Edition.

United State: McGraw Hill Companies, Inc, 2001.

Pressman, Roger. S. Software Engineering: a Practitioner's Approach-6th ed. New

York: McGraw-Hill, 2005.

Rosenberg, D. Use Case Driven Object Modeling With UML. New York : Apress,

Saraswaty, Agnes Ganisa. “Pembuatan Virtual Reality Taman Fatahillah Berbasis Web denga Menggunakan Blender danWebGL.” Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Depok, 2014.

Shelly, C., dkk. Discovering Computers ‘Menjelajah Dunia Komputer’ Third Edition.

Jakarta: Salemba Infotek, 2009.

Shohifah, Eni. “Aplikasi Tur Virtual Taman Sari 3 Dimensi Mengggunakan Unity.” Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2013.

Suyanto, M. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.

Yogyakarta: Andi, 2007.

Utomo, Willy Nugraha., dkk. “Aplikasi Virtual Tour 3D Pabrik PT.X.” Skripsi

Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24252/instek.v1i1.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) is indexed by

  pkp_index_k2  

Creative Commons License

Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)

ISSN Print: 2541-1179 ISSN Online: 2581-1711

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: instek@uin-alauddin.ac.id

 View Instek Stats