CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY VS CREATING SHARED VALUE MELALUI KAJIAN PERSPEKTIF ISLAM: PENDEKATAN KRITIS JURGEN HABERMAS

Fitri Indah Sari, Mediaty Mediaty, Darwis Said

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep CSR dan konsep CSV melalui kajian perspektif Islam dan dengan teori komunikasi habermas. CSR dipahami sebagai sebagai konsep untuk mengahsilkan manfaat sosial tanpa mengacu pada biaya, yang mana fenomena tersebut difokuskan pada berbagai nilai (Keuntungan) yang diperoleh perusahaan dengan mentransfer/mendistribusikannya kepada masyarakat. Sebaliknya, CSV berarti menciptakan peluang dan nilai baru. Dalam teori komunikasi Habermas pengungkapan CSR merupakan salah satu bentuk pengkomunikasian efek-efek sosial dan lingkungan atas tindakan-tindakan ekonomi perusahaan pada kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat secara keseluruhan. Dalam Islam, CSR konsisten dengan konsep Tauhid. Menurut konsep ini, Allah adalah pencipta, pemilik dan sumber segala sesuatu, dan telah memepercayakannya kepada umat manusia untuk menggunakan dan mengelolanya dengan cara yang bijaksana.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, CSR Disclousare, Creating Shared Value, Konsep Tauhid, Teori Komunikasi Habermas.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to know the concept of CSR and CSV Concept through study of Islamic perspective and with Habermas communication theory. CSR is understood as a concept to generate social benefits without reference to cost, which the phenomenon is focused on sharing the value (profit) that the company obtains by transferring / distributing it to the public. In contrast, CSV means creating new opportunities and values. In Habermas's communication theory, CSR disclosure is one form of communicating the social and environmental effects of the company's economic actions to certain groups within society as a whole. In Islam, CSR is consistent with the concept of monotheism. According to this concept, God is the creator, the owner and the source of all things, and has entrusted it to mankind to use and manage it in a wise manner.

Key Words: Corporate Social Responsibility, CSR Disclousare, The Concept of Tawheed, Habermas Communication Theory.

Full Text:

PDF

References


DAFTRA PUSTAKA

Al-Qur’an.

Ahzar, F. A. 2013. Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Syariah di Indonesia. Skripsi. Sukarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univesitas Muhamadiyah Sukarta.

Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana. 2014. Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya Edisi Revisi. Salemba Empat:Jakarta Selatan.

Akbar, N., B. Rikamahu, dan A. Firlli. 2016. Pengauh Corporeate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan. E-Proceeding of Management, 3(2): 977-984.

Andoyo, S. W. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibilty terhadap Profitabilitas dengan Informasi Akuntansi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tekun, 4(1): 1-24.

Anggraini, F. dan Reni Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Symposium National Accounting IX. Padang.

Arifin, J. dan E. A. Wardani. 2016. Islamic Corporate Responsibility Disclousure, Reputasi, dan Kinerja Keuangan: Studi pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal akuntansi dan Auditing Indonesia, 20(1): 37-46.

Armada, Y., A. Kusumawati, dan R. Alfisyahr. 2017. Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility dalam Membentuk Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(2): 28-37.

Awale, Raman and Steve Rowlinson. 2014. A Conceptual Framework for Achieving Firm Competitiveness in Construction: A Creating Share Value (CSV) Concept. Portsmouth, UK, Association of Researchers in Construction Management, 1285-1294: 8-10.

Boahen, K. Adu, A. K. Barima, I. J.Nana, M. A. Emmanuel, K. K. Kwaku, and J. A. Ceasar. 2014. Assessment of Mnagement Attitudes on Corporate Social Responsibility in Ghana: A Cose of Some Selected Companies in the Tema Metropolis. European Journal of Business and Social Sciences, 2(11): 102–113.

Crane, Andrew., Guido Palazzo., Laura J. Spence, and Dirk Matten. 2014. Contesting the Value of Creating Shared Value. University Of California Berkeley, 56(2): 130-153.

Darmawati. 2014. Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Islam. Mazhab, XII(2): 125-137.

Daud, A. 2016. Pengaruh Inovasi, Layanan, dan Keunggulan Posisional pada Kinerja Pemasaran. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1): 66-78.

Dragan, C., D. Dejan., B. Srdan, and B. Carisa. 2014. Socially Responsible Business and Competitiveness in Serbia-Attitudes of Students. Sovremenna Ekonomika: Problemy, Tendencii, Prespektivy. 10(1): 141-159.

Filemon, C. N. dan A. Krisnawati. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibilty Disclousare terhadap Return on Assets pada Perusahaan Telkomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(3): 223-232.

Hartman, Laura P., Jenny Mead., Patricia H. Werhane, and Daniel Natal. 2011. Connecting the World Trought Games: Creating Shared Value in the Case of Zynga‟s Corporate Social Strategy. Journal of Business Ethics Education 8. Neilson Journals Publishing. Pages 199-230.

Hasiara, L. O. 2017. Akuntansi: Modal Sosial, Sosial Ekonomi, dan Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pupuk Kalimantan Timur di Bontang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(1): 129-146.

Juhairi, M., Z. Arifin, dan Sunarti. 2016. Pengaruh Tanggung Jawab Social (CSR) terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2): 19-26.

Kalbarini, Rahmah Yulisa Dan Noven Suprayogi. 2014. Implementasi Akuntabilitas Dalam Konsep Metafora Amanah Di Lembaga Bisnis Syariah (Studi Kasus : Swalayan Pamella Yogyakarta). JESTT, 1(7): 506-517.

Kotler, P. and Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good For Your Company and Your Cause. USA.

Lindawati, A.W. L. dan M. E. Puspita 2015. Corporate Social Responsibilty: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy GAP dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1): 157-174.

Malik, A. dan A. D. Nungroho. 2016. Menuju Pradigma Penelitian Sosiologi yang Integratif. Sosiologi Reflektif, 10(2): 65-83.

Marpaung. H. H. I. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibilty terhadap Profitabilitas dengan Daya Informasi Akuntansi sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Katalogis, 2(7): 23-33.

Moon, H. C., J. Parc., S. H. Yim., and N. Park. 2011. An Extension of Porter and Kramer‟s Creating Shared Value (CSV): Reorienting Strategies and Seeking International Coorporation. Journal of International and Area Studies. 8(2): 49-64.

Ningsih, W. A. 2016. Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Jom FISIP, 3(1): 1-13.

Nussy, T. M. 2014. Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 18(2): 329-334).

Porter, M. E. and M. R. Kramer. 2007. Hardvard Business Review, Vol. 84(12): 78-92.

Porter, M. E. and M. R. Kramer. 2011. The Big Idea: Creating Share Value (How to Reinvent Capitalism and Unleash Wave of Innovation and Growt). Hardvard Business Review.

Pradipta, D. H. dan A. Purwaningsih.2012. Pengaruh Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Terhadap Earning Response Coeficient (ERC), dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol. Simposium Nasional Akuntansi 15 Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 1-28.

Prahoro, Y. M. 2010. Aplikasi Teori Tindakan Komunikasi Habermas dalam Eksistensi Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Kasus Masyarakat Cigugur, Kuningan - Jawa Barat. Acta diurnal, 6(2): 81-91.

Rixen, Michael., Ingo Bobel, and Claude Chailan. 2013. Creating Shared Value on A Global Scale: Possibilities for the United Nation‟s Engagement. Journal of Competitiveness and Strategy. 6: 01-14.

Samsiyah., Y. Sambharakhresna, dan N. Kompyurini. 2013. Kajian Implementasi Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Ditinjau Dari Shariah Enterprise Theory Pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Jurnal InFestasi, 9(1): 47-60.

Sari, R. A. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, 1(1): 124-140.

Satrio, Awal Muhammad. 2015. Qardhul Hasan sebagai Wujud Pelaksanaan CSR dan Kegiatan Filantropi Lembaga Keuangan Syariah untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Kajian Bisnis, 23(2): 104-111.

Susanto, C. M. dan L. Ardini. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibilty, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(7): 1-16.

Tarmizi, R., D. Octavianti, dan C. Anwar. 2012. Analisis Pengungkapan Akuntansi Lingkungan terhadap Pertanggungjawaban Sosial Industri Kimia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(1): 21-38.

Wojcik, Piotr. 2016. How Creating Shared Value Differs From Corporate Social Responsibility. Journal of Management and Business administration, 24(2): 32-55.

Yuda, T. K. 2016. Memaknai Ulang: Corporate Social Responsibilty: Upaya Mewujudkan Fair Responsibilty. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 19(3): 200-217.




DOI: https://doi.org/10.24252/.v6i1.14459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.