ANALISIS PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO PENERIMA DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TAHUN KE 1 DARI RENCANA 1 TAHUN

Fitri Fitri Fitri, Nur - Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar peningkatan pendapatan bagi usaha mikro yang telah menerima dana CSR di Kecamatan Bungoro Pangkep. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah efisiensi penggunaan modal CSR untuk peningkatan pendapatan bagi pengusaha mikro. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep selama 1 tahun dengan pengambilan sampel secara purposive random sampling sebanyak 40 usaha mikro yang tersebar di 8 Desa/Kelurahan. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden, sedang data sekunder diperoleh dari Bagian CSR PT. Semen Tonasa. Pengolahan data dilakukan dengan tabulasi dan persentase. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mencari pendapatan yang merupakan hasil dari total penerimaan dikurangi dengan total biaya, serta menghitung B/C ratio.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pendapatan penerima dana CSR rata-rata sebesar Rp. 2.314.800.000 per tahun atau meningkat hingga 1,5% per tahun. Data perhitungan B/C ratio dari seluruh penerima dana CSR memberi keuntungan bagi kegiatan usaha mereka atau layak dilaksanakan. Oleh itu, program ini perlu diteruskan dan dimaksimalkan.

Kata Kunci: Peningkatan pendapatan, Usaha Mikro,Dana CSR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.