ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTU PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG (STUDI KASUS DESA OTTING KAB. BONE)

Maryam Maryam, Muh Basir Paly, Astati Astati

Sari


Telah di lakukan penelitian dengan judul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penentu Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong (Studi Kasus Desa Otting Kab. Bone). Penelitian ini adalah studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui: (Pengaruh Skala usaha, umur peternak, tingkat pendidikan, pengalaman beternak, jumlah tenaga kerja, biaya produksi dan modal usaha) terhadap penentu pendapatan usaha peternakan sapi potong di Desa Otting, Kecamatan Tellusiattinge, Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember-Januari 2015 yang bertempat di Desa Otting, Kecamatan Tellusiattinge, Kabupaten Bone. Metode penelitian adalah survei lapangan dengan instrumen pendukung kuisioner. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah 63 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu software SPSS dianalisis dengan menggunakan rumus Y= a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b3X4+ b5X5 + b6X6 +b7X7.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skala usaha, biaya produksi, dan modal usaha merupakan faktor penentu yang mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha peternakan sapi potong di Desa Otting Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Sedangkan umur peternak, tingkat pendidikan, pengalaman berternak, dan jumlah tenaga kerja mempunyai hubungan negatif dan tidak signifikan terhadap pendaptan usaha  peternakan sapi potong di Desa Otting Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Faktor-faktor penentu yang paling mempengaruhi pendapatan peternak sapi potong di Desa Otting Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone adalah skala usaha, biaya produksi, dan modal usaha

Kata Kunci


Analisis, Sapi Potong Pendapatan Peternak

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.