ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DAN HARGA KERUPUK DANGKE MEREK NURSI DI KABUPATEN ENREKANG (STUDI KASUS DI DESA TALAGA)

Wahyuningsih Wahyuningsih, Muh Basir Paly, Astati Astati

Sari


Penelitian ini adalah studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan harga kerupuk Dangke di Kabupaten Enrekang, 2) Atribut (elemen) kerupuk Dangke yang diutamakan oleh konsumen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2015 yang bertempat di Desa Talaga, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei lapangan dengan instrumen pendukung kuisioner. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan 70 responden. Tingkat kepuasan konsumen diukur dengan menggunakan skala likert (skor 1-5) dan dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat kepuasan = total nilai observasi / total responden x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan harga kerupuk Dangke di Desa Talaga Kabupaten Enrekang, konsumen menyatakan sangat puas terhadap atribut kemasan, variasi rasa, dan harga dari produk kerupuk Dangke. Sedangkan konsumen menyatakan puas terhadap atribut rasa dan ukuran dari produk kerupuk Dangke, 2) Konsumen kerupuk Dangke di Desa Talaga Kabupaten Enrekang mengutamakan atribut kemasan, variasi rasa, dan harga dari produk kerupuk Dangke dalam menentukan keputusan pembelian.


Kata Kunci


Tingkat kepuasan, konsumen, produk, harga, kerupuk Dangke

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.