Analisis Pemasaran Ternak Kambing Studi Kasus di Kelurahan Baruga Dhua, Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene

Firdaus Firdaus, Muh Basir Paly, Jumriah Syam, Khaifah Asgaf

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran ternak kambing di Kelurahan Baruga Dhua, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene.Penentuansampel dilakukan dengan metode Slovin dengan rumus S = 2. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara. Data kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh 3 Saluran pemasaranya itu, pertama Peternak → Konsumen Akhir, kedua Peternak → Pedagang Pengumpul→Konsumen Akhir dan ketiga Peternak → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen Akhir. Lembaga yang memiliki margin tertinggi adalah pedagang besar yang ada pada saluran III sebesar Rp. 1,052,632/ekor dan saluran yang memiliki margin tertinggi yaitu ada pada saluran pemasaran III yakni sebesarRp. 1,312,632/ekor dan tingkat efisiensi paling baik adalah saluran pemasaran II dengan nilai 2,78 % dan kemudian Saluran III dengan nilai 6,78  %.


Kata Kunci


Saluran Pemasaran; Analisis Margin; Efisiensi Pemasaran Ternak Kambing

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.