Manajemen Asuhan Kebidanan Intranatal Berkelanjutan pada Ny “M” dengan Preeklampsia Berat di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tanggal 15 Oktober – 21 November 2018

Kasnur Kasnur, Firdayanti Firdayanti, Rauly Rahmadhani

Abstract


Pendahuluan preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan dan persalinan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, proteinuria dan oedema, yang kadang-kadang disertai dengan komplikasi koma.Gejala dari preeklampsia seperti hipertensi, oedema dan proteinuria sering tidak diperhatikan, sehingga tanpa disadari dalam waktu singkat dapat timbul menjadi preeklampsia berat, bahkan eklampsia.

Metode Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan Manajemen Asuhan Kebidanan Intranatal Berkelanjutan pada Ny “M” dengan Preeklampsia Berat di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2018 sesuai Manejemen Asuhan Kebidanan 7 langkah Varney dan pendokumentasian dalam bentuk SOAP.

Hasil Penatalaksanaan Asuhan Persalinan dengan preeklampsia berat pada Ny “M” yaitu dilakukan pemberian asuhan yang sesuai standar operasional prosedur serta melakukan upaya pencegahan komplikasi dengan pemberian Magnesium Sulfat  untuk mencegah terjadinya eklampsia, HELLP Sindrom, solusio plasenta, gangguan organ, KJDR pada bayi serta dilakukannya pemantauan dan Asuhan Manejemen Kebidanan dari kala I sampai kala IV.

Kesimpulan dari kasus yaitu diantaranya pendokumentasian dalam bentuk SOAP yang digunakan untuk proses penyelesaian masalah kebidanan telah dilaksanakan pengkajian serta asuhan dengan penatalaksanaan yang sesuai pada Ny “M” dengan preeklampsia berat di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2018 yakni dari kala I sampai kala IV, tidak ditemukannya komplikasi pada ibu dan bayi.


Keywords


Preeklampsia Berat; 7 Langkah Varney

Full Text:

PDF

References


Ansariadi, 2014. Epidemologi Kematian Ibu di Sulawesi-Selatan 2008-2013. Yogyakarta: Jurnal Departemen Epidemologi http://respository.unhas.ac.id.

Abbas, AM, dkk, 2016. Maternal Mortality a tertiary care hospital experience in Upper Egypt. Egypt: Journal International.

Ai Yeyeh Rukiyah, Lia yulianti, Asuhan Kebidanan 4 (patologi), Jakarta: TIM, 2010

Anita Dewi L, Dkk. Jurnal Kebidanan dan Ilmu Kesehatan Volume 3/ Nomor 1/ April 2016.Gambaran Karakteristik Ibu Bersalin Dengan Preeklamsi di RSU Assalam Gemolong Sragen.

Abu Bahru. Terjemah tafsir Al-Maraghi, Vol 17, Semarang: PT Karya Putra Toha, 2003.

Betsy B. Dkk, Modul Manajemen Intrapartum, Penerbit Buku Kedokteran, 2014

Departemen Agama RI. 2012. Al-qur’an Tajwid dan Terjemahan. CV : Penerbit Diponegoro

Hinda Vovianti: Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol, 9 No,1, Februari 2016, Hal 25-31. Pengaruh Usia dan Paritas Terhadap Kejadian Preeklampsia Di RSUD Sidoarjo.

Katsir Ibnu, Syaikh dkk. Shahih Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 5. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafit I, 2003.

Kuswanti, Ina. Melina Fitriani, Askeb II Persalinan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Mondal, Suresh Candra, dkk, 2014. Earliest Use of Medical Prophylactic Dose of Magnesium Sulphate (mgso4) in Severe Pre-eclampsia ti Improve Maternal And Perinata Outcome in a Rural Medical Collage, WB India.

Nurhayati, dkk. Konsep Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika, 2013

Nova Nuhani. Jurnal kesehatan masyarakat Vol.10 no.2 November 2015. Preeklampsia berat dan kematian ibu.

Novita Lusiana. Jurnal Nasional.Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Preeklampsia pada ibu bersalin di RSUD Arifin Achmad Provensi Riau 2014.

Norma nita dan mustika, Asuhan kebidanan patologi, Yogyakarta: Nuha Medika, 2013

Natiqotul Fatkhiyah, Dkk. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Jurnal Of Nursing), Volume 11, No,1 Maret 2016. Determinan Maternal kejadian Preeklampsia (Studi Kasus Di Kabupaten Tegal, Jawah Tengah).

Oktarina, Mika. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Penuntun Penulisan KTI UIN: Makassar- Samata Gowa: UIN Press, 2013

Profil Kesehatan Prov. Sulsel tahun 2016

Roboson, Elizabeth. S dan Jason Waugh, Patologi pada Kehamilan Manjemen dan Asuhan Kebidanan, Jakarta: EGC, 2013.

Prawihardjo, Sarwono. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo, 2014.

Ralph C. Benson dan Martin L. Pernoll, Obstetru dan Ginekologi. Penerbit Buku Kedokteran: 2013.

Riyanti Imron, Dkk: Jurnal Keperawatan, Volume x, No,1 April 2014.Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Preeklampsia dan Eklampsia Pada Ibu Bersalin.

Rien A. Hutabarat, Dkk: Jurnal e-clinic (eCl), Volume 4, Nomor1, Januari-Juli 2016. Karakteristik Pasien dengan Preeklampsia di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Rekam Medik Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf 2017

Shihab,M. Quraish. Pesan, kesan, dan Keserasian Al-qur’an (Tafsir Al-Misbah). Jakarta: Lentera Hati, 2009.

SDKI (Survey Demografi Kesehatan Indonesia). 2012. Angka Kematian Ibu AKI Indonesia www.Depkes.co.id

Saleha, Sitti. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas, Jakarta: Salemba Madika, 2013.

Suriani Tahir, Dkk: Jurnal Voice Of Midwifery, Vol,07 No,09 september 2017.Faktor Risiko Terjadinya Preeklampsia Berat Di RSUD Syekh Yusuf Gowa.

Siqbal Karta. A. Dkk. Jurnal Kesehatan Andalas, 2016:513. Hubungan Usia Dan Paritas Dengan Kejadian Preeklampsia Berat Di Rumah Sakit Achmad Bukittinggi Tahun 2012-2013.

Sandi Ramadhani, dkk:/Jurnal Manajemen Informatika, Volume 03 Nomor 02 Tahun 2014, 17-25.Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa penyakit Degeneratif.

WHO, Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar Dan Rujukan, Edisi Pertama, Jakarta, 2013.

Walyani, Proastuti. Asuhan Kebidanan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir, Yogyakarta: Pustaka Medika, 2015.

Yulifah, Rita dan Surachmindari.Konsep Kebidanan Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta Selatan: Salemba medika, 2013

Yulia Fauziyah. Obstetri patologi untuk mahasiswa kebidanan dan keperawatan, Cirebon: Nuha Medika, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitors